BPBD Banjar Himbau Warga Tetap Waspadai Banjir & Longsor

Kepala Pelaksana BPBD Kota Banjar, Yayan Herdiaman. Photo: Muhafid/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjar, menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap berbagai kemungkinan terjadinya bencana alam di musim penghujan, terutama di daerah rawan longsor dan banjir.

Seperti yang diungkapkan Kepala Pelaksana BPBD Kota Banjar, Yayan Herdiaman, kepada Koran HR, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (28/11/2017) lalu, bahwa saat ini kondisi cuaca masih dengan curah hujan cukup tinggi. Pihaknya meminta kepada semua masyarakat meningkatkan kewaspadaan agar dapat meminimalisir berbagai kemungkinan yang tidak diinginkan.

Yayan menjelaskan, meski saat ini pihaknya belum mendapatkan SK Walikota tentang siaga bencana menghadapi musim penghujan ini, namun BPBD Kota Banjar selalu siap siaga selama 24 jam penuh untuk melayani masyarakat.

“Memang kita belum dapat SK Walikota tentang siaga bencana, karena masih dalam proses. Mudah-mudahan dalam minggu-minggu SK-nya sudah keluar,” harapnya.

Meskipun SK Walikota belum turun, namun pihaknya mewanti-wanti masyarakat yang berada di 14 titik rawan bencana di Kota Banjar yang tersebar di empat wilayah kecamatan, untuk waspada dan melaporkan berbagai kejadian bencana alam ke BPBD Kota Banjar agar bisa dilayani dengan capat.

Dia juga mengatakan, kejadian banjir di Kota Banjar akibat curah hujan cukup tinggi dan terjadinya penyubatan saluran air karena sampah. Untuk itu, BPBD mengajak semua warga supaya tidak membuang sampah sembarangan, apalagi ke saluran air guna meminimalisir dampak banjir.

Bagi masyarakat yang hendak melaporkan kejadian bencana alam ataupun kejadian kebakaran, hendaknya melaporkan ke pemerintah desa setempat atau menghubungi nomor Pemadak Kebakaran 0265 2730804.

“Tinggal hubungi saja kita untuk penanganan lebih lanjut. Kita siap siaga 24 jam di sini dan akan langsung ke lokasi bilamana mendapatkan laporan yang sesuai,” pungkas Yayan. (Muhafid/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar