Bukan Hoax, Menghirup Bau Kentut Ternyata Menyehatkan

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Anda pasti akan kesal bahkan kadang-kadang marah ketika orang yang berada di sekitar Anda mengeluarkan gas atau kentut. Meski kentut merupakan hal yang normal, namun bau yang tak sedap inilah yang menjadi masalahnya. Tapi ada fakta unik, konon menghirup bau kentut ternyata menyehatkan. Kok bisa? berikut penjelasannya.

Biasanya orang kentut dalam satu hari sebanyak 14 kali. Dan, tidak semua orang kentut mengeluarkan bunyi dan berbau, karena ada yang ‘silent’ dan tak berbau. Kentut bisa dikatakan sebagai gas yang menumpuk. Saat kentut dan menyebarkan bau dengan aroma yang kuat, itu pertanda Anda mempunyai serat yang sehat serta bakteri baik di usus.

Meski menyebarkan aroma yang tak sedap, tapi jangan salah menghirupkan bau kentut ternyata menyehatkan. Dikutip dari berbagai sumber, penelitian yang dilakukan di University of Exeter di Inggris, menemukan bahwa gas yang dikeluarkan dari kentut ini dapat mencegah penyakit seperti dimensia, jantung, kanker dan atritis.

Penyakit tersebut bisa sembuh oleh kentut karena adanya gas hidrogen sulfida. Gas itu diproduksi oleh bakteri memecahkan makanan yang ada di dalam perut. Memang gas hidrogen sulfida apabila dosisnya sangat tinggi akan menyebabkan kematian, akan tetapi jika dosis rendah malah sebaliknya, yaitu dapat menyehatkan.

Dengan adanya kandungan gas hidrogen sulfida tersebut, resiko kerusakan mitokondria atau organel tempat yang berfungsi respirasi pada makhluk hidup berlangsung, akan menurun.

Fungsi dari mitokondria ini sangat penting, karena bisa menghasilkan energi yang berasal dari penyerapan nutrisi. Jadi, apabila mitokondria rusak, maka besar kemungkinan akan terserang penyakit, karena daya tahan tubuh lemah. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA