BUMDes Purwadadi Ciamis akan Kembangkan Pengolahan Limbah Pasar

Pasar Purwadadi setiap harinya menghasilkan limbah sampah yang dapat didaur ulang untuk dijadikan bahan bernilai jual tinggi.  Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Dalam upaya peningkatan perekonomian masyarakat, Pemerintah Desa Purwadadi, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, melalui BUMDes berencana akan mengembangkan pengolahan limbah pasar (sampah) untuk didaur ulang menjadi bahan bernilai jual tinggi, yang mampu meningkatkan ekonomi daerah.

Hal itu diungkapkan Kepala Desa Purwadadi, Elon Sutendi, kepada Koran HR, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (31/10/2017) lalu. Menurutnya, selain berupaya dan berjuang dalam bentuk pembangunan infrastruktur, dirinya juga ingin meningkatkan perekonomian masyarakat. Untuk itulah, melalui BUMDes pihaknya akan melakukan terobosan.

“Agenda kami untuk menjadikan BUMDes bergerak di bidang ekonomi melalui daur ulang, ketika kami melihat banyak sampah di Pasar Purwadadi. Berawal dari situ, kenapa tidak kita manfaatkan sampah jadi bahan produksi yang bernilai tinggi dan menjadikan program sampah bermanfaat. Saat ini kami tengah melakukan pelatihan terhadap pengelola BUMDes, bahkan mesin daurnya sudah kami pesan dan akan segera dioperasikan,” terang Elon.

Sampai saat ini, Pemerintah Desa Purwadadi juga terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai sampah yang bisa dimanfaatkan. Sampah-sampah itu nantinya akan dijadikan sahabat yang mampu membuahkan nilai ekonomi masyarakat. (Suherman/Koran HR)

KOMENTAR ANDA