Disdikpora Pangandaran Gelar Pelatihan Standarisasi Kompetensi Guru

Pelatihan standarisasi kompetensi guru di salah satu hotel di Pangandaran. Foto: Entang SR/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Ratusan guru dari tingkat TK, SD, dan SMP di Pangandaran ikuti pelatihan standarisasi kompetensi guru di salah satu hotel di Pangandaran, Selasa (07/11/2017) lalu. Acara tersebut dibuka langsung Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Agus Nurdin.

Dalam sambutannya, Agus Nurdin meminta para peserta untuk meningkatkan kualitas sebagai tenaga pendidik dan kependidikannya.

“Selain kualitas pendidik ditingkatkan, siswa juga sudah semestinya dapat meningkat, baik secara prestasi ataupun bidang lainnya. Hal ini supaya grafik tingkat pendidikan di Pangandaran terus meningkat seiring dengan program pemerintah, yakni Pangandaran Hebat. Jadi, pendidikan juga harus hebat,” tegas Agus.

Sementara itu, Kabid Pembinaan Ketenagaan Disdikpora, Usep Efendi, mengatakan, pelatihan tersebut berusmber dari APBD 2017. Adapun pembahasan di dalamnya, perihal penyusunan penelitian dalam tindakan kelas.

“Ini juga untuk membantu para guru meningkatkan kompetensinya dalam penyusunan penelitian tindakan kelas,” ucap Usep.

Lebih jauh, Usep menjelaskan bahwa seorang guru berkesempatan mendapatkan haknya dalam kenaikan pangkat, khususnya golongan 3B ke 3C dan lainnya, harus menyerahkan hasil karya ilmiah berupa karya inovatif dan publikasi ilmiah. Hal ini juga didukung program Disdikpora guna peningkatan guru dalam penulisan karya tulis.

“Kita juga membuat tim penilai angka kredit kenaikan pangkat guru,” pungkasnya.

Dari informasi yang dihimpun, kegiatan tersebut dihadiri para narasumber yang di antaranya Munthohari, Dodi Budiana, Isep Mustofa, dan Sutikno. (Ntang/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA