Formagat Desak Dishub Ciamis Terapkan Zoss

 

Ilustrasi. Fhoto : Ist/ Net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Forum Mahasiswa dan Pemuda Galuh Tabayun (Formagat) mendesak Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ciamis untuk menerapkan Zona Selamat Sekolah (Zoss) di seluruh kawasan sekolah yang terdapat di jalur padat lalu lintas.

Ketua Formagat, Ade Ainul Yakin, ketika ditemui usai bertemu dengan Dishub Ciamis, Selasa (07/11/2017), menilai penerapan Zoss di Kabupaten Ciamis belum dilakukan secara maksimal.

Ade mengungkapkan, banyak sekolah di Kabupaten Ciamis yang berada di kawasan rawan padat kendaraan atau jalan raya tidak dilengkapi Zoss. Menurut dia, penerapan Zoss berkaitan upaya mengurangi ancaman terhadap keselamatan para pelajar.

“Di Ciamis belum banyak teralisasi bila dibandingkan Kota Banjar dan Tasikmalaya. Penerapan Zoss ini perlu dilakukan demi keselamatan dan kenyamanan di kawasan dunia pendidikan,” katanya.

Untuk itu, Ade menegaskan, pihaknya mendorong Pemerintah Kabupaten Ciamis, dalam hal ini Dinas Perhubungan, segera merealisasikan penerapan Zoss di semua sekolah yang ada di jalur rawan dan padat kendaraan.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis, Edi Yulianto, berjanji akan menindaklanjuti usulan penerapan Zoss di semua sekolah. Namun, pihaknya akan menunggu terlebih dahulu hasil kajian pola pemberlakuan Zoss dari Kementrian Perhubungan RI.

“Ini suatu hal yang bisa kita kerjasamakan. Keselamatan itu harus dimulai dari diri sendiri dan keluarga, dimulai dari sejak dini. Kenapa tidak, kita bareng-bareng menyelamatkan anak bangsa,” katanya. (Deni/R4/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar