Ini Manfaat Tidur Posisi Miring ke Kiri

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Jangan anggap sepele tentang posisi tidur. Pasalnya, posisi tidur berpengaruh pada kesehatan, terutama menghadap atau miring ke kiri lebih bermanfaat daripada menghadap ke kanan. Lho kok bisa?

Dikutip dari Wittyfeed, tidur posisi miring atau menghadap ke kiri sangat baik untuk kesehatan. Mulai dari menghindari maag sampai meningkatkan kesehatan otak. Berikut ini penjelasannya.

# Mencegah maag

Jika sebelum tidur Anda mengkonsumsi makanan asam atau pedas, sebaiknya posisi tidur menghadap ke kiri, karena posisi tersebut dapat mencegah keluhan lambung atau gejala maag.

Penjelasannya, saat tidur dan berbaring ke kiri, maka asam lambung tidak akan membalikkan ke kerongkongan, namun akan masuk ke dalam lubang perut, hal itu disebabkan karena gaya gravitasi.

# Pencernaan

Manfaat lainnya tidur posisi miring yaitu mengurangi beban di liver sehingga masalah pencernaan akan diperbaiki. Kondisi ini akan meningkatkan penyerapan nutrisi serta merangsang aliran empedu.

# Masalah Mendengkur

Jika Anda sering mendengkur pada saat tidur, coba rubah posisi tidur dengan memiring ke kiri. Posisi ini bisa membuat lega pernapasan, karena tenggorokan dan otot lidah berada di posisi netral. Mendengkur disebakan karena posisi tidur yang telentang, sehingga menarik otot ke bagian belakang tenggorokan.

# Memperlancar sirkulasi darah

Tidur dengan miring ke kiri diklaim bisa memperlancar sirkulasi darah selama tidur. Pasalnya, posisi tersebut bisa mendorong pembuluh darah terbesar di tubuh yaitu vena cava, yang berada di bagian kanan tubuh, sehingga mendorong darah lebih banyak ke bagian jantung. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA