Ini Salah Satu Penyebab Daerah Sukanagara Banjar Kerap Diterjang Banjir

Warga Dusun Sukanagara, Desa Waringinsari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, menunjukkan bagian tembok saluran air yang kondisinya sudah miring akibat tak kuat menahan derasnya aliran air. Photo: Nanang Supendi/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Sistem penataan atau saluran air/drainase yang tidak berfungsi dengan baik di wilayah Dusun Sukanagara, RT.01, RW.01, Desa Waringinsari, Kota Banjar, Jawa Barat, menjadi penyebab sering diterjang banjir jika diguyur hujan deras.

Pantauan HR Online di lokasi, saluran air di daerah permukiman tersebut ternyata kondisi tembok penahannya sudah miring. Hal itu akibat kerap mendapat tekanan debit air yang cukup tinggi saat hujan, sehingga tak mampu membendungnya.

“Coba lihat bagian ruas saluran air yang ada diwilayah ini, tembok penahannya sudah miring karena tak mampu membendung derasnya aliran air dari berbagai penjuru, dan imbasnya meluap ke permukiman warga,” kata Mumu, salah seorang warga setempat, kepada HR Online, Rabu (15/11/2017).

Menurutnya, sistem drainase yang ada ini sudah tak layak, sebab diameter saluran tidak sebanding dengan debit air. Makanya perlu upaya percepatan perbaikan pada saluran air tersebut.

“Kerusakan saluran air ini sudah berlangsung lama, tapi entah kenapa seolah lepas dari pengawasan pemerintah setempat atau dinas terkait. Jadi wajar daerah permukiman ini langganan banjir, dan terus terang kami mengeluhkan kondisi ini sejak lama,” keluhnya. (Nanks/R3/HR-Online)

Berita Terkait;

KOMENTAR ANDA