Kasihan, Ratusan Ubin Sawah di Banjarsari Ciamis Terseret Arus Sungai Cikawasen

Kondisi sawah yang sudah tergerus arus Sungai Cikawasen di Dusun Batukurung, Desa Kawasen, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis. Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Hujan deras yang terus mengguyur wilayah Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat dan sekitarnya membuat tebing sungai Cikawasen yang berada di Dusun Batukurung, Desa Kawasen, Kecamatan Banjarsari mengalami abrasi. Akibatnya ratusan ubin areal pesawahan setempat tergerus dan hanyut terseret arus.

Seperti dikatakan Otong, warga sekitar kepada HR Online, Minggu (19/11/2017), abrasi Sungai Cikawasen yang terjadi saat ini selain menggerus dan menyeret area pesawahan petani, abrasi juga mengancam pemukiman warga serta area pemakaman umum yang berada di sekitar lokasi abrasi.

“Kami berharap Pemkab Ciamis segera turun tangan untuk mengatasi abrasi ini. Sebab, jika hal ini tidak segera di tangani kami khawatir abrasi ini terus meluas dan menggerus ke pemukiman warga di sini,” katanya.

Akibat terjadinya abrasi Sungai Cikawasen yang  terus terjadi, berapa petani di Dusun Batukurung kini kehilangan lahan pesawahan mereka. (Suherman/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA