Ketahui Manfaat dari Jus Kentang Mentah untuk Kesehatan

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),-Sangat jarang kentang dijadikan minum jus, karena yang sering terdengar pasti jus mangga, jeruk, dan buah-buahan lainnya. Lantas apakah bisa kentang dibikin jus? Pasalnya kentang biasanya digoreng atau dikukus.

Dikutip dari Boldsky, beberapa waktu lalu, kentang ternyata bisa sangat bermanfaat apabila dikonsumsi dengan dibuat jus. Perlu Anda ketahui bahwa manfaat jus kentang itu sangat banyak sekali. Karena kentang kaya akan vitamin B6, vitamin C, kalsium, potassium, serta mangan.

Sehingga kentang sangat bermanfaat untuk kesehatan terutama jika dibikin jus kentang mentah, yaitu dijadikan obat herbal sakit maag serta radang gastro-intestinal. Selain itu, kentang bisa radikal bebas karena adanya senyawa flavonoid, anti-oksidan dan fitonutrien.

Nah berikut ini khasiat atau manfaat jus kentang apabila dikonsumsi:

# Baik untuk penderita diabetes

Jus kentang sangat bermanfaat bagi penderita diabetes, karena dalam kentang terkandung serat larut tinggi yang mempunyai glikemik rendah, sehingga jika diminum setiap hari dapat mengontrol kadar gula darah dengan efektif.

# Netralkan asam urat

Khasiat lain dari jus kentang ialah mengurangi peradangan serta menetralkan asam urat. Itu terbukti karena jus kentang memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga dapat  mengurangi pembengkakan di persendian, yang diakibatkan oleh asam urat dalam tubuh yang berlebih. 

# Mengobati sakit di punggung

Nutrisi yang ada dalam kentang bisa melawan rasa nyeri, terutama di bagian punggung. Caranya bisa dengan kentang dijadikan jus atau direbus kemudian ditumbuk dan lulurkan kentang tersebut ke bagian punggung yang sakit.

# Mencegah kanker paru-paru

Manfaat lain dari kentang diantaranya bisa memperlambat pertumbuhan sel kanker, karena adanya senyawa tertentu. Selain itu, kentang juga diklaim bisa dijadikan obat penyakit paru-paru. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA