Kota Banjar jadi Pilot Project Sekolah Model di Jabar

Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Jawa Barat saat melakukan penilaian di salah satu stand Sekolah Model (Sekmod) dalam kegiatan pameran/ekspo 18 Sekmod di Kota Banjar, bertempat di Aula Setda Banjar. Photo: Nanang Supendi/HR.  

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Kota Banjar didaulat menjadi pilot project Sekolah Model (Sekmod) untuk jenjang SD/SMP/SMA/SMK di Provinsi Jawa Barat. Selain Kota Banjar, ada 23 kabupaten/kota lainnya yang melaksanakan Sekmod tahun 2017.

Hal itu terungkap saat 18 sekolah dari semua tingkatan yang terpilih Sekmod di Kota Banjar, mengikuti ekspo Sekmod di Aula Setda Kota Banjar, Kamis (16/11/2017), yang selanjutnya dinilai oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Jawa Barat.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjar, H. Dahlan, melalui Kabid. Dikdas, Ahmad Yani, mengatakan, penyelenggaraan kegiatan ini merupakan fasilitasi LPMP Jawa Barat, dan di Kota Banjar sendiri ada 18 sekolah dari semua tingkatan yang sudah dibuatkan Sekmod.

“18 Sekmod di Kota Banjar ini yang terpilih terbagi jenjang SD ada 10, SMP ada 6, dan SMA/SMK ada 2. Sekarang semuanya mengikuti ekspose atau pameran Sekmod dari pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Internal atau SPMI,” terang Ahmad Yani, kepada HR Online, saat ditemui di sela-sela kegiatan.

Dalam ekspose tersebut, ke-18 Sekmod menampilkan hasil pemenuhan atau penerapan SPMI yang sudah dilaksanakannya selama satu tahun. Dalam hal ini pun kembali mendapat penilaian LPMP Jawa Barat.

“Setiap Sekmod mensosialisasikan proses atau hasil pelaksanaan SPMI, yaitu bagaimana meningkatan mutu pendidikan 8 standar nasional,” tandasnya.

Ahmad Yani juga menjelaskan, sebagai dasar penilaian terhadap 18 Sekmod terpilih itu adalah atas data dapodik sekolah, kesiapan sekolah itu sendiri dalam pelaksanaan SPMI, serta kriteria lainnya. Ke depan Sekmod ini harus mampu mengimbaskan kepada sekolah lainnya di Kota Banjar. (Nanks/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA