Lapas Ciamis Sediakan Fasilitas “Pojok Baca”

Upacara peringatan Hari Dharma Krida ke 72 yang dilaksanakan Lapas Kelas IIB Ciamis. Foto : Dian Sholeh WP/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Ciamis rencananya akan menyediakan fasilitas “Pojok Baca” bagi warga binaan. Penyediaan fasilitas tersebut ditujukan untuk meningkatkan minat baca di kalangan warga binaan.

Kalapas Ciamis, Gumilar Budirahayu A.Md.,IP.,SH., ketika ditemui Koran HR, usai upacara Hari Dharma Krida ke 72, Senin (30/10/2017) lalu, menjelaskan, penyediaan fasilitas “Pojok Baca” merupakan amanat dari kerjasama antara Kementrian Hukum dan HAM bersama Perpustakaan Nasional RI.

Gumilar menuturkan, Kementrian Hukum dan HAM menjalin kerjasama dengan Perpustakaan Nasional RI dalam program peningkatan budaya membaca dan menulis bagi tahanan anak, napi dan klien pemasyarakatan.

“Mereka adalah bagian yang termarjinalkan, karena perbuatan mereka yang telah melawan hukum. Namun, kesempatan untuk memperluas pengetahuan tetap menjadi hak mereka. Karya tulisan pun dapat dihasilkan oleh mereka meskipun dalam belenggu besi,” katanya.

Setelah nanti ada fasilitas “Pojok Baca”, Gumilar berharap, warga binaan Lapas Ciamis rajin membaca dan menulis, bahkan memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara.

Terkait momen Hari Dharma Krida ke 72, Gumilar menambahkan, pihaknya menumbuhkan semangat “Kerja Bersama, Kami Pasti Melayani” kepada pegawai. Lapas akan bekerja keras, tangkas dan berjiwa ksatria untuk mengabdi pada bangsa dan negara.

Informasi yang berhasil dihimpun Koran HR, peringatan Hari Dharma Krida dimeriahkan dengan kegiatan bersih-bersih makam pahlawan di Imbanagara, donor darah dan open turnamen futsal dan bola voli. (DSW/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar