Meluap, Bendungan Sungai Cikaso di Mangnujaya Pangandaran Penuh Sampah

Kondisi bendungan Sungai Cikaso di Desa Jangraga, Kecamatan Mangunjaya, Kabupaten Pangandaran yang penuh dengan sampah. Foto: Entang SR/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Curah hujan yang masih cukup tinggi di wilayah Kabupaten Pangandaran dan sekitarnya membuat bendungan Sungai Cikaso yang berada di Desa Jangraga, Kecamatan Mangunjaya, Kabupaten Pangandaran meluap.

Dari pantauan HR Online di lapangan, meluapnya Sungai Cikaso di lokasi bendungan yang masih dalam proses pembangunan dan baru mencapai 70 persen membuat luapan air masuk ke sejumlah pemukiman warga.

Maman, salah satu warga, mengatakan, luapan air yang terjadi pada sore hari, Kamis (16/11/2017), membuat warga sekitar harus membunyikan kentongan guna memberitahukan warga lainnya untuk waspada dari bahaya banjir.

“Sejak bendungan Sungai Cikaso dibangun kami merasa tidak tenang, apalagi bila hujan turun warga banyak yang tidak bisa tidur karena khawatir terjadi apa-apa, terutama banjir meluap ke pemukiman,” ujarnya kepada HR Online.

Maman melanjutkan, luapan air di sekitar bendungan juga diiringi material pohon serta sampah yang menghalangi aliran air di sekitar bendungan. Karena kondisi tersebut, warga sekitar berinisiatif membersihkan bangkai pohon yang nyangkut di bendungan.

“Kita harap pemerintah mengambil langkah cepat sebagai antisipasi agar warga di sini tidak merasa gelisah terus dibayang-bayangi banjir,” pungkasnya. (Ntang/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA