P2TP2A Ciamis Masuk dalam Cluster Berkembang

 

Ketua P2TP2A Provinsi Jawa Barat, Netty Prasetiyani Heryawan.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Ciamis masuk dalam Cluster Berkembang. Hal itu disampaikan Ketua P2TP2A Provinsi Jawa Barat, Netty Prasetiyani Heryawan, beberapa waktu lalu.

Netty menjelaskan, dari hasil evaluasi kinerja P2TPA di seluruh kabupaten/ kota, tidak satupun P2TPA kabupaten/ kota masuk dalam Cluster Prima dengan tingkat kinerja tertinggi.

Menurut Netty, hasil dari evaluasi tersebut menunjukkan bahwa komitmen kepada daerah dalam kegiatan pelayanan terpadu pemberdayaan perempuan dan anak belum merata. Dengan kata lain, kepala daerah belum mempunyai perspektif utuh dalam pembangunan partisipatif.

“Kepala daerah yang memiliki komitmen tinggi, pastinya akan melibatkan berbagai unsur lapisan masyarakat dan stakeholder saat menyelesaikan permasalahan, termasuk melibatkan P2TP2A,” katanya.

Lebih lanjut, Netty mengungkapkan, dalam evaluasi, kinerja P2TP2A dibagi menjadi lima cluster, mulai dari cluster rintisan, cluster tumbuh, cluster berkembang, cluster maju, dan cluster prima.

Rinciannya, P2TP2A yang masuk cluster rintisan adalah Kabupaten Pangandaran. Kemudian cluster tumbuh diantaranya Kota Cimahi, Kabupaten Indramayu, Bekasi dan Subang.

Sedangkan cluster berkembang, diantaranya Kabupaten Ciamis, Tasikmalaya, Kuningan, Cirebon, Purwakarta, Sumedang, Karawang, Majalengka, Sukabumi, Kota Bandung, Banjar, Tasikmalaya, Bekasi, dan Depok. Kemudian cluster maju diantaranya, Kabupaten Cianjur, Bandung, Bandung Barat, Bogor, Garut, Kota Cirebon, dan Bogor. (Deni/R4/HR-Online)

KOMENTAR ANDA