Perbaikan Jalan Penghubung Baregbeg & Sukamaju Ciamis Belum Pasti

Infrastruktur jalan yang menghubungkan Desa Baregbeg dan Desa Sukamaju, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis kondisinya rusak parah. Saat ini, infrastruktur jalan tersebut perlu mendapat program perbaikan dari pemerintah. Foto : Eli Suherli/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Infrastruktur jalan yang menghubungkan Desa Baregbeg dan Desa Sukamaju, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis kondisinya rusak parah. Saat ini, infrastruktur jalan tersebut perlu mendapat program perbaikan dari pemerintah.   

Kepala Desa Baregbeg, Ade Iwan, ketika ditemui Koran HR, Selasa (21/11/2017) lalu, mengatakan, merujuk pada hasil Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang) perbaikan jalan tersebut akan dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Ciamis.

“Dulu setelah Musrenbang, jalan penghubung dua desa tersebut akan diperbaiki oleh pihak kabupaten. Alasannya, akan menghubungkan hotmix yang sudah dilakukan di Desa Sukamaju,” ungkapnya.

Menurut Ade, kerusakan infrastruktur jalan penghubung dua desa itu sudah berlangsung lama. Untuk itu, pihaknya mengusulkan agar Pemerintah Kabupaten Ciamis segera merealisasikan program perbaikan terhadap jalan tersebut.

“Kami berharap perbaikannya dilakukan di tahun 2018 mendatang, sehingga jalur dua desa itu bisa terhubung dengan hotmix wilayah Desa Sukamaju,” jelasnya.

Anggara, warga Baregbeg, ketika dimintai tanggapan, Selasa (21/11/2017) lalu, menilai, baiknya perbaikan jalan penghubung dua desa tersebut segera dilakukan. Menurut dia, jalan tersebut harus dihotmix.

“Soalnya, aspal hotmix lebih tahan lama ketimbang aspal lapen. Terlebih setiap hari jalan tersebut ramai dilalui kendaraan dan merupakan jalur perekonomian warga,” katanya.

Ditemui terpisah, Kasi Perbaikan Jalan dan Jembatan Dinas PU Kabupaten Ciamis, Aris, membenarkan, perbaikan jalan penghubung dua desa tersebut sudah masuk dalam agenda pemerintah. Namun, pihaknya belum bisa memastikan kapan perbaikan itu akan direalisasikan. 

“Dalam rancangan perbaikan sudah masuk sesuai dengan hasil Musrenbang. Akan tetapi belum bisa ditentukan kapan perbaikan dilakukan karena harus disesuaikan dengan anggaran,  apalagi aspal yang digunakan adalah hotmix,” katanya.

Menurut Aris, perbaikan jalan penghubung dua desa tersebut memerlukan anggaran yang cukup besar. Dia memperkirakan, anggaran yang dibutuhkan untuk memperbaiki jalan tersebut mencapai sekitar Rp. 2 miliar. 

“Kami berharap Pemerintah Desa dan warga Baregbeg bersabar, karena pastinya jalan tersebut akan diperbaiki,” katanya. (Es/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar