Peringati Sumpah Pemuda & Hari Pahlawan, Karnaval Gebyar Nusantara Digelar di Kawali Ciamis

Karnaval Gebyar Nusantara SMAN 1 Kawali Kabupaten Ciamis. Foto: Edji Darsono/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda dan menyambut Hari Pahlawan, SMA Negeri 1 Kawali, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, berupaya meningkatkan jiwa nasionalisme para siswa melalui Karnaval Gebyar Nusantara.

Ketua Panitia Acara, Irpan Hilmi, ketika ditemui Koran HR, Senin (30/10/2017) lalu, menjelaskan bahwa Karnaval Gebyar Nusantara merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun.

“Tujuan atau hikmah yang dapat diambil dari kegiatan ini, agar generasi muda bisa mengenal keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia,” katanya.

Kepala SMA Negeri 1 Kawali, H. Sudarman, S.Pd.M.Pd, didampingi Wakasek, Isak Iskandar, mengatakan, Karnaval Gebyar Nusantara merupakan sarana edukasi bagi generasi muda dan anak didik.

“Mereka bisa mengenal dan melihat langsung keanekaragaman budaya Indonesia. Dengan begitu, pengetahuan mereka bertambah,” katanya.

Isak menambahkan, kegiatan tersebut juga merupakan sarana untuk menumbuhkan nasionalisme pada diri anak didik. Untuk itu, diharapkan generasi muda turut berpartisipasi dengan membuat kreasi. 

“Karnaval ini bukan hanya serimonial belaka. Namun, benar-benar memberikan dampak positif untu kemajuan bangsa. Karnaval ini merupakan bagian dari mengisi dan mensyukuri kemerdekaan yang perlu diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

Hendaya, warga Kawali, ketika dimintai tanggapan, mengaku terharu setelah melihat pelaksanaan karnaval yang diikuti siswa-siswi SMA Negeri 1 Kawali. Menurut itu, kegiatan tersebut patut diapresiasi. (Dji/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar