(Pilkada Ciamis) Panwaslu & FISIP Unigal Sepakat Ciptakan Pengawas Partisipatif

Panwaslu Kabupaten Ciamis dan FISIP Unigal menjalin kerjasama untuk menyiapkan relawan pengawas partisipatif menjelang Pilkada Ciamis. Fhoto : Deni Supendi/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Menghadapi pelaksanaan Pilkada Ciamis tahun 2018 mendatang, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Ciamis menjalin kerjasama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Galuh (Unigal).

Kerjasama antara Panwaslu dan FISIP Universitas Galuh berkaitan dengan penyelenggaraan program pengawasan itupun direalisasikan melalui penadatangan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU).

Ketua Panwaslu Kabupaten Ciamis, Uce Kurniawan, ketika ditemui HR Online, Jum`at (10/11/2017), menjelaskan, jalinan kerjasama tersebut sengaja dibangun untuk menyiapkan relawan atau pengawas partisipatif.

Uce menuturkan, pengawasan partisipatif tersebut merupakan sebuah terobosan baru untuk menciptakan gerakan sosial yang berkaitan dengan pelaksanaan Pilkada. Pengawasan partisipatif juga dimaksudkan untuk membangun kesadaran masyarakat dan meningkatkan partisipasi politik.

“Keberadaan relawan atau pengawas partisipatif juga ditujukan sebagai upaya preventif terjadinya politik pragmatis dan transaksional. Serta untuk mewujudkan suasana Pilkada yang yang kondusif, aman, damai, tertib dan lancar,” katanya.

Dekan FISIP Universitas Galuh, Aan Anwar Sihabudin, ketika ditemui HR Online, Jum`at (10/11/2017), menuturkan, pihaknya menyambut baik jalinan kerjasama program penyelenggaraan pengawasan yang dibangun Panwaslu Kabupaten Ciamis.

Terlebih, kata Aan, di FISIP Universitas Galuh terdapat mata kuliah tentang sistem kepemiluan dan partai politik. Menurut dia, kerjasama tersebut menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan agenda penelitian dan pengabdian masyarakat FISIP Universitas Galuh. (Deni/R4/HR-Online)

KOMENTAR ANDA