(Pilkada Ciamis) Setelah KCB, Herdiat Kembali Diusung PAN, PBB dan Nasdem

Pimpinan tiga parpol, yakni Yana D Putra (Ketua DPD PAN Ciamis), Nanda Juanda (Ketua DPC Partai Nasdem Ciamis) dan Hans Adiyatama (Ketua DPC PBB Ciamis), saat menggelar jumpa pers, di kantor DPC PBB Kabupaten Ciamis, Rabu (29/11/2017). Foto: Eli Suherli/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Setelah sebelumnya tiga partai politik (parpol) yang tergabung dalam Koalisi Ciamis Bersatu (KCB), yakni PKS, Partai Gerindra dan Partai Demokrat menyatakan sikap mengusung Herdiat sebagai calon bupati di Pilkada Ciamis tahun 2018 mendatang, kini giliran tiga parpol lainnya, yaitu PAN, PBB dan Partai Nasdem menyatakan sikap serupa.

Hal itu terungkap setelah pimpinan tiga parpol tersebut, yakni Yana D Putra (Ketua DPD PAN Ciamis), Nanda Juanda (Ketua DPC Partai Nasdem Ciamis) dan Hans Adiyatama (Ketua DPC PBB Ciamis), menggelar jumpa pers, di kantor DPC PBB Kabupaten Ciamis, Rabu (29/11/2017).

“Setelah PKS, Gerindra dan Demokrat, kini giliran tiga parpol lainnya, yakni PAN, PBB dan Nasdem, sama menyatakan sikap untuk mengusung Pak Herdiat di Pilkada Ciamis. Hal itu diperkuat oleh surat keputusan penetapan pengusungan dari pengurus DPP (Dewan Pimpinan Pusat) masing-masing,”  kata Ketua DPC PBB Kabupaten Ciamis, Hans Adiyatama.

Hans menegaskan, DPP PBB sudah mengeluarkan surat rekomendasi pengusungan pasangan calon bupati-wakil bupati Ciamis tertanggal 24 November 2017. Untuk calon bupati, kata dia, diputuskan kepada Herdiat. Sementara untuk calon wakil bupatinya diputuskan Yana D Putra. “Surat penetapan dari DPP PBB salinannya sudah kami terima,” imbuhnya.

Hans menambahkan, setelah surat rekomendasi turun, pihaknya kini tengah melakukan komunikasi intens dengan beberapa parpol lainnya. “Dengan PAN dan Nasdem sudah ada kesepahaman dalam membangun koalisi. Langkah selanjutnya kami akan membangun komunikasi dengan PKS, Demokrat dan Gerindra. Karena ketiga parpol yang tergabung dalam KCB itu sama sudah memutuskan mendukung Pak Herdiat,” ujar nya.

Di tempat yang sama, Ketua DPD PAN Kabupaten Ciamis, Yana D Putra, mengatakan, berkumpulnya tiga pimpinan parpol ini untuk menyatukan persepsi dan menyampaikan sikap tentang arah dukungan di Pilkada Ciamis.

“Nasdem, PBB dan PAN sudah sepakat mengusung Pak Herdiat sebagai Calon Bupati Ciamis. Keputusan itu sesuai dengan SK rekomendasi yang sudah ditetapkan oleh masing-masing pengurus DPP ketiga parpol ini,” katanya.

Sementara terkait calon wakil bupati pendamping Herdiat, Yana mengatakan, akan segera dimusyawarahkan dengan seluruh parpol yang sudah menyatakan dukungan kepada Herdiat. “Komunikasi politik masih berjalan dan diharapkan dalam waktu satu atau dua hari kedepan sudah disepakati oleh seluruh parpol pengusung terkait siapa calon wakil bupati pendamping Pak Herdiat,” ujarnya.

Terkait dirinya disebut-sebut sebagai calon kuat (calon wakil bupati) yang akan mendampingi Herdiat di perhelatan Pilkada Ciamis, Yana mengatakan, untuk hal itu keputusannya akan dimusyawarahkan terlebih dahulu dengan seluruh parpol koalisi. Hanya, tambah dia, dari awal dirinya sudah membulatkan tekad maju di Pilkada Ciamis.

“Sampai hari ini saya terus berihtiar untuk mewujudkan niatan maju di Pilkada Ciamis. Namun, untuk keputusan pastinya, kita tunggu saja hasil musyawarah dengan parpol koalisi,” ungkapnya. (es/R2/HR-Online)

KOMENTAR ANDA