Puluhan Pelajar di Banjar Jatuh Pingsan Saat Upacara Hari Pahlawan

Petugas kesehatan saat mengevakuasi peserta upacara yang pingsan. Foto: Hermanto/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Lantaran tidak kuat menahan panas dan terlalu lama berdiri, puluhan pelajar sekolah di Kota Banjar jatuh pingsan saat upacara peringatan Hari Pahlawan, Jum’at (10/11/2017). Selain durasi yang cukup lama, kebanyakan siswa yang pingsan tersebut belum sempat sarapan. 

Satu-persatu pelajar ini dievakuasi petugas medis ke pinggir lapangan. Bahkan, karena terlalu banyak yang pingsan, petugas medis sempat kewalahan saat menanganinya. 

Peserta upacara yang jatuh pingsan bukan hanya dari kalangan pelajar saja, melainkan dari pegawai negeri sipil (PNS) pun banyak yang pingsan. Petugas medis dari PMI dan Dinas Kesehatan terpaksa harus menambah tenaga medis dan perlengkapan medis. 

Menurut keterangan petugas medis dari Dinas Kesehatan Kota Banjar,  Enjang, bahwa selain karena faktor cuaca dan durasi upacara yang cukup lama, peserta yang jatuh pingsan juga disebabkan oleh kondisi fisik yang kurang fit. 

“Semuanya ada 86 orang yang pingsan baik dari kalangan pelajar maupun PNS. Mereka pingsan disebabkan karena belum sarapan dan kondisi badan yang kurang fit,” ujarnya. 

Upacara peringatan Hari Pahlawan yang digelar di Taman Kota Lapang Bhakti ini diikuti oleh semua elemen, mulai dari Pemerintahan, TNI, Polri, Ormas, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan pelajar. (Hermanto/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA