Ribuan Warga Cipaku Ciamis Antri untuk Dapatkan Kartu Tani

Antrian warga untuk mendapatkan Kartu Tani dari Kementrian RI di Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis. Foto: Edji/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Ribuan petani  se Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis yang terletak di lima titik secara serentak menerima Kartu Tani dari Kementrian Pertanian RI, Sabtu (18/11/2017).

Kepala BP3K Kecamatan Cipaku, Aas Surahmanudin, mengatakan, sebanyak 5823 petani mendapatkan kartu tersebut tiada lain guna mempermudah para petani dalam mendapatkan pupuk bersubsidi dari pemerintah.

“Kartu tani ini fungsinya cukup banyak, di antaranya dapat digunakan sebagai alat transaksi berbentuk kartu debit yang bisa membantu para petani mempermudah transaksi sekaligus untuk pendataan penerimaan jatah pupuk bersubsidi. Mudah-mudahan kartu dapat digunakan sebaik-baiknya,” jelas Aas kepada HR Online.

Ma’sum, salah satu petani, menilai, meskipun kartu tani multifungsi, akan tetapi beban biaya produksi tetap bertambah. Karena itu ia harap di tiap desa tersedia pelayanan untuk kartu tani tersebut.

Sementara itu, tanggapan berbeda dari salah satu petani yang enggan disebutkan namanya. Menurutnya, pembelian pupuk bersubsidi menggunakan kartu tani dirasa ribet. Pasalnya, untuk pembelian pupuk saja mereka harus antri.

“Menunggu pemberian kartu tani saja lama, sampai sore hari. Apalagi nanti beli pupuk pakai kartu tani sepertinya tidak jauh beda antriannya,” ketusnya.

Dari informasi yang dihimpun, pemberian kartu tani di Kecamatan Cipaku berlangsung secara serentak di Desa Cieurih, Cipaku, Muktisari, Selacai dan Desa Mekarsari. (Dji/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA