Rusak Tanaman Padi, Puluhan Warga di Pamarican Ciamis Basmi Hama Tikus di Sawah

Pemuda Karang Taruna Desa Kertahayu dan para petani saat memburu hama tikus yang merusak persemaian padi. Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Puluhan pemuda Karang Taruna dan petani Desa Kertahayu, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis,  Jawa Barat siang tadi melakukan perburuan  tikus di area pesawahan di Dusun Cisaar Desa Kertahayu, Minggu (05/11/2017).

Perburuan tikus tersebut dilatarbelakangi kekesalan para petani terhadap serangan tikus yang merusak tanaman padi mereka. Bahkan, persemaian padi milik petani rusak parah akibat serangan hama tikus.

Ketua Karang Taruna Desa Kertahayu, Monang, mengatakan, perburuan tikus tersebut merupakan upaya para pemuda dan petani untuk membasmi hama tikus yang merugikan para petani.

“Petani jengkel semua persemaian padi mereka dirusak tikus. Makanya kami beramai-ramai terjun langsung ke sawah untuk membasminya,” kata Monang kepada HR Online.

Selain memburu dengan cara menggali lubang persembunyian tikus, lanjut Monang, para petani juga melakukan pembasmian dengan racun tikus yang diberikan petugas pertanian wilayah Pamarican.

“Selama kegiatan ini kami juga melakukan koordinasi dengan petugas PPL Kecamatan Pamarican. Alhamdulillah kami mendapatkan bantuan berupa obat empos yang saat ini digunakan. Para petani juga memagar pesemaian padi menggunakan plastik agar tikusnya tidak merusak,“ katanya.

Hal senada juga dikatakan Imam, petani asal Dusun Cisaar. Menurutnya, kegiatan memburu hama tikus tersebut merupakan kali kedua setelah perburuan pertama belum menunjukkan hasil yang optimal.

“Perburuan yang kedua kalinya ini mudah-mudahan tikusnya kapok dan tidak lagi merusak tanaman padi kami,” ucapnya. (Suherman/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar