SDN 1 Mekarjaya Ciamis Tanamkan Karakter Positif Lewat Berbagai Kegiatan

Foto: Ilustrasi net/Ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Mekarjaya, berupaya menanamkan karakter positif pada diri peserta didik melalui berbagai macam kegiatan, baik kegiatan akademik maupun non akademik.

Kepala SDN 1 Mekarjaya, Uca Hendari, ketika ditemui Koran HR, beberapa waktu lalu, membenarkan, sekolah merupakan lingkungan yang tepat untuk melatih pesrta didik memiliki kebiasaan baik.

Menurut Uca, berbagai kegiatan yang menyenangkan dapat dijadikan media bagi guru untuk menanamkan nilai-nilai karakter positif agar peserta didik menjadi lebih baik. 

Uca menuturkan, kegiatan yang dijadikan media untuk menanamkan karakter positif tersebut diantaranya, upacara bendera, kegiatan keagamaan, senam bersama, literasi dan gerakan bersih-bersih sekolah.

“Kegiatan terjadwal setiap hari sebelum masuk. Tujuanya untuk membiasakan anak dan menumbuhkan karakter anak,” ujarnya.

Diakui Uca, setiap peserta didik memiliki bakat karakter yang berbeda-beda. Untuk membentuk sebuah karakter, maka diperlukan pembiasaan dan pelatihan. Upaya tersebut dapat dibangun melalui pembelajaran yang dilakukan para guru.

Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Baregbeg, H. Dedi Kusmana, menyambut baik upaya yang dilakukan SDN 1 Mekarjaya terkait pembentukan karakter positif pada diri peserta didiknya.

Dedi mengaku seringkali menekankan setiap sekolah yang ada di wilayah Kecamatan Baregbeg untuk mencari terobosan baru (inovasi) dan menciptakan kreatifitas untuk pengembangan karakter peserta didik. (Heri/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar