Setelah Dilantik, PPK Langensari Banjar Langsung ‘Tancap Gas’ Bekerja

PPK Langensari sedang melakukan seleksi wawancara calon anggota PPS, di aula Kantor Kec. Langensari, Kota Banjar, Senin (06/11/2017). Foto : Nanang Supendi/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Setelah resmi dilantik oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjar, anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang bertugas di empat kecamatan, langsung ‘tancap gas’ bekerja. Di minggu ini, mereka terlibat dalam pembentukan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat desa/kelurahan.

Pantauan HR Online di PPK Langensari selama dua hari, Senin-Selasa (06-07/11/2017), di aula kantor Kec. Langensari, mereka melakukan seleksi wawancara terhadap 36 calon anggota PPS. Dihari pertama untuk Langensari Desa Bojongkantong, Desa Waringinsari, dan hari kedua Kel. Muktisari, Desa Rejasari dan Desa Kujangsari.

“Peserta seleksi wawancara ini jumlahnya masing-masing desa/kelurahan 6 orang, setelah sebelumnya lolos seleksi tes tulis, di aula Setda, Jumat (03/11/2017),” kata ketua PPK Langensari, Mujahid Selasa (7/11/2017).

Dalam proses seleksi wawancara ini, ucap dia, kelima anggota PPK memberikan pertanyaan seputar kepemiluan dan pengalaman keterlibatan peserta dalam kepanitian pemilu. Nantinya, nilai wawancara tersebut diserahkan kepada KPU, dan KPU yang menentukan anggota PPS terpilih dengan melihat akumulatif nilai hasil tes tulis dan wawancara.

“Keenam calon PPS ikut seleksi wawancara akan terpilih 3 orang berdasarkan urutan nilai yang diperoleh, sisanya yang 3 orang lagi adalah PAW. Yang jelas, kami tak bermain mata atau KKN dalam memberikan penilaian wawancara, kita kerja profesional dan fokus sesuai tupoksi saja,” ucapnya.

Ditambahkan Yanti dan anggota PPK lainnnya sama-sama mengatakan, pihaknya dalam proses kegiatan ini mendapat pantauan Panwascam setempat. Semua anggota PPK sudah ditekadkan untuk mensukseskan penyelenggaraan Pilgub Jabar dan Pilwalkot Banjar sebagaimana SK yang diberikan.

“Kita berpikir kerja PPK ini cukup berat dan akan selalu sibuk. Buktinya saat ini pula baru beberapa hari dilantik, sudah miliki beban pembentukan PPS dan banyak lagi pekerjaan sedang ditatap kedepan. Pokoknya tancap gas lah,” tandas dia.

Meski RAB ke PPK belum turun, tapi banyak pekerjaan yang harus dan wajib dilaksanakan. Dalam waktu dekat pun akan melaksanakan kegiatan sosialisasi yang dirangkai dalam bentuk kegiatan jalan sehat.

Senada dikatakan Sekretaris PPK Langensari, Jajat Sudrajat, bahwa pihaknya kini disibukkan tambahan pekerjaan kepanitian pemilu di tingkat wilayahnya. “Ada beban pekerjaan bertambah, dan harus fokus juga kami mengerjakannya demi sukses Pilkada serentak. Seperti seleksi wawancaran PPS ini pun, kami kerja dan tunggu hingga malam,” katanya.

Sementara Ketua Panwascam Langensari, Eko Yulianto, mengatakan, pihaknya berada di kegiatan PPK ini sebagai bentuk bagian tugasnya atau dalam rangka memantau atau mengawasi jalannya proses perekrutan calon anggota PPS.

“Ya ini bentuk tupoksi kami, dan kita bersama PPK semoga terjalin saling koordinasi dan komunikasi tanpa melupakan tanggung jawabnya masing-masing,” ujarnya. (Nanks/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar