SMAN 1 Banjar Gelar Simulasi UNBK Selama 3 Hari

Para siswa kelas XII SMAN 1 Kota Banjar sedang melaksanakan simulasi UNBK, Selasa (14/11/2017). Foto : Nanang Supendi/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Sebanyak 407 peserta atau siswa kelas XII SMAN 1 Kota Banjar, sejak Senin-Rabu (13-15/11/2017), melakukan simulasi pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Simulasi tersebut sebagai kesiapan siswa dalam menghadapi ujian nasional yang akan dilaksanakan April mendatang.

“Ya kita lakukan simulasi UNBK ini serentak pada tingkatan SMA/SMK di seluruh Indonesia. Ini bisa disebut try out juga guna uji kehandalan penyedia jariangan internet, tak terkecuali sebagai uji kesiapan siswa sehingga mengetahui gambaran soal-soal ujian berbasis komputer,” kata Wakasek Humas SMAN 1 Kota Banjar, Fitri Sosianingsih, kepada HR Online, Selasa (14/11/2017).

Dia menjelaskan, simulasi digelar dalam upaya memperkenalkan proses pelaksanaan UNBK pada siswa peserta. Setidaknya bisa diantipasi bila ditemukan temuan gangguan teknis misal listrik padam atau terjadi sistem log out sendiri.

“Kejadian demikian tak luput pengalaman UNBK sebelumnya. Ya minimal pula siswa tak kaku dan punya gambaran soal-soal ujian UNBK. Untuk lebih memantapkanlah dalam menghadapinya April mendatang,” tandasnya.

Siswa mengikuti simulasi ini, ungkap dia, selama tiga hari sejak kemarin dan berakhir besok Rabu, dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris untuk semua jurusan baik IPA maupun IPS. Ditambah mata pelajaran pilihan untuk jurusan IPA yaitu bisa memilih Biologi, Fisika atau Kimia, kemudian jurusan IPS yaitu Ekonomi, Sosiologi atau Geografi.

Untuk mendukung suksesnya pelaksanaan UNBK, SMAN 1 ini sudah mandiri yaitu memiliki sekitar 136 unit komputer. Maka pula untuk menampung 407 peserta, simulasi ini atau nanti pelaksanaan sesungguhnya yaitu perharinya dibagi tiga sesi dan empat ruang kelas dengan masing-masing kelas untuk 34 siswa peserta

Fitri berharap, pelaksanaan UNBK pada waktunya nanti para siswa dapat mengikuti dengan sebaiknya dan hasil nilai yang maksimal. (Nanks/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar