SMKN 3 Banjar Berharap Pemerintah Bantu Penyerapan Lulusan Jurusan THP

Siswa SMKN 3 Kota Banjar jurusan Teknologi Hasil Perikanan (THP) sedang praktek di Balai Benih Ikan Kubangsari Kota Banjar. Foto : Nanang Supendi/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Seiring tersedianya jurusan Teknologi Hasil Perikanan (THP), SMKN 3 Kota Banjar berharap kepada Pemkot Banjar untuk membuat sebuah kebijakan yang memberikan peluang lapangan kerja yang ada di Kota Banjar.

Hal tersebut dikatakan Kepala SMKN 3 Kota Banjar, H. An-Nur, kepada HR Online, Selasa (07/11/2017). “SMK ini membuka dan berupaya mengembangkan jurusan THP, bisa ikut dibantu pengembangannya oleh Pemkot Banjar yaitu satu diantaranya dibantu prospek kerja lulusan tersebut,” katanya.

Menurutnya, perikanan merupakan bagian sektor yang sedang dikembangkan oleh pemerintah, terlebih dengan visi-misinya menuju Banjar Kota Agropolitan. Kebijakan itu misalnya, lulusan siswa lulusan SMKN 3 jurusan THP diberi kesempatan bekerja pada intansi Pemkot Banjar.

“Tak harus direkrut atau diangkat PNS, ya minimal dikontrak jadi pendamping kelompok usaha perikanan,” ucapnya.

An-Nur menambahkan, apabila SMKN 3 Kota Banjar diberi kepercayaan mendapatkan peluang kerja demikian, maka pengelola di sekolahnya juga harus bertanggungjawab atas kualitas lulusan siswa jurusan itu.

Jika tidak, lanjutnya, lulusan jurusan THP bisa dibantu penyaluran bekerja di sejumlah perusahaan yang bergerak di bidang perikanan, baik pengolahan perikanan, peternakan ikan ataupun perusahaan pakan ikan.

“Hal terpenting lagi, siswa setelah lulus harus mampu mandiri yaitu dengan keahlian yang dimilikinya mampu berwirausaha di bidang perikanan. Sehingga mampu pula membuka lapangan kerja bagi banyak orang,” katanya.

An-Nur optimis prospek siswa lulusan THP di SMKN 3 ini ada harapan kerja di dunia usaha perikanan dan industri dan siap membantu penyalurannya. “Cuma tetap minta ada sambutan baik dari Pemkot Banjar bantu prospek kerja dari lulusan itu dengan dibuat sebuah kebijakan tadi,” tandasnya.

Wakasek Bidang Kesiswaan SMKN 3 Kota Banjar, Shakti menambahkan, sebelum membukan jurusan THP ini sudah melalui kajian bersama dan salah satunya juga melakukan penjajakan dengan Dinas Pertanian.

“Dinas Pertanian siap membantu, diantaranya apabila terjadi kekurangan guru bidang jurusan tersebut, siap datang ikut mengajar menjadi tenaga ahli, siap memberikan alat bantu sarana seperti diizinkan praktek di Balai Benih Ikan Kubangsari, serta diizinkan praktek kerja industri (Prakerin),” tuturnya.

Dia menjelaskan, selama ini siswa jurusan THP sudah beberapa kali melakukan praktek di BBI Kubangsari, seperti pemijahan beberapa jenis ikan, dan praktek terkait lainnya. Selain praktek di BBI, siswa juga praktek di sekolah atas sarana kolam mini yang dimilikinya.

“Jadi jurusan THP ini mempunyai prospek kerja cerah, seperti halnya jurusan lain yang tersedia di SMKN 3 ini. Maka jurusan THP layak dipertimbangkan bagi siswa baru mendatang mengingat Indonesia adalah negara maritim, apalagi Kota Banjar ini punya visi misi menuju Agropolitan. Ada kesempatan yang luas untuk berkarier setelah lulus,” jelasnya.

Jurusan THP di SMKN 3 Banjar ini baru dua tahun berjalan atau dua angkatan, dengan total sekitar 70 siswa. Jumlah segitu merupakan keberhasilan karena di daerah tetangga seperti Ciamis tak diminati. “Semoga jurusan THP di SMKN 3 Banjar ini lebih diminati dan semakin banyak siswanya,” harap dia. (Nanks/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA