Tembok Penahan Tebing di Ciamis Ambruk, Timpa Mobil dan Rumah Warga

Tembok penahan tebing (TPT) di Dusun Cidewa, Desa Dewasari, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (15/11/2017), ambruk dan kemudian menimpa rumah milik Hamim (56), Rabu (15/11/2017). Foto: Heri Herdianto/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Akibat hujan deras dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah Kabupaten Ciamis dan sekitarnya dalam beberapa hari ini, menyebabkan sebuah tembok penahan tebing (TPT) di Dusun Cidewa, Desa Dewasari, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (14/11/2017) malam, ambruk dan kemudian menimpa rumah milik Hamim (56).

Akibatnya, ruangan dapur dan garasi rumah Hamim jebol hingga mengalami rusak parah. Selain itu, sebuah mobil Toyota Kijang yang diparkir di garasi tersebut ikut tertimpa tembok penahan tebing yang ambruk. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta.

Menurut Babinmas Desa Dewasari, Aiptu Radius Windu, ambrolnya TPT tersebut diduga karena tidak kuat menahan air hujan yang menggenang menyusul hujan deras yang terus menguyur wilayah tersebut. “Hal itupun diperparah oleh kondisi tanahnya yang tidak padat,” ujarnya, kepada HR Online, Rabu (15/11/2017).

Namun begitu, lanjut dia, ambruknya TPT tersebut tidak sampai menghancurkan seluruh bangunan rumah. Bangunan yang mengalami kerusakan, kata dia, hanya garasi dan ruang dapur. “Beruntung saat terjadi ambruk tidak ada orang di sekitar garasi dan dapur,” imbuhnya.

Radius mengungkapkan, setelah terjadi ambrolnya TPT, warga dibantu petugas kepolisian dari Polres Ciamis langsung melakukan evakuasi untuk menyingkirkan muntahan material tanah dan batu yang menghantam bangunan garasi dan dapur,” ungkapnya. (R2/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar