Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaBerita BanjarAlokasi Anggaran Tahun 2017, Pemdes Raharja Banjar Telah Realisasikan Berbagai Kegiatan

Alokasi Anggaran Tahun 2017, Pemdes Raharja Banjar Telah Realisasikan Berbagai Kegiatan

Pembinaan dan pelatihan peningkatan kapasitas perangkat desa dan BPD di aula Desa Raharja. Photo: Muhafid/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Pemerintah Desa Raharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, telah merealisasikan berbagai kegiatan yang bersumber dari anggaran Alokasi Dana Desa (ADD), Dana Desa (DD), serta sumber lainnya di Tahun Anggaran (TA) 2017.

Seperti yang diungkapkan Kepala Desa Raharja, Hasim, melalui Kasi Kesejahteraan, M. Abdurrahman, bahwa di akhir tahun 2017 ini pihaknya telah menyelesaikan berbagai kegiatan di bidang infrastruktur, pemberdayaan maupun kegiatan pembinaan.

“Infrastruktur sudah selesai semua, tinggal pembangunan drainase yang sekarang masih dalam proses pengerjaan. Kita sudah sampaikan bahwa pekerjaan infrastruktur hingga akhir 2017 harus sudah selesai sebagaimana perencanaannya,” kata Abdurrahman.

Ia menambahkan, untuk kegiatan pemberdayaan maupun pembinaan yang belum dilaksanakan atau yang sedang dilaksanakan dipastikan selesai semua sebelum berganti tahun.

“Kegiatan-kegiatan yang bersumber dari ADD tahap ketiga Insya Alloh selesai semua sampai akhir bulan ini, kita akan kebut,” imbuhnya.

Sementara kegiatan yang sedang berjalan, imbuhnya, yakni kegiatan pembinaan dan pelatihan peningkatan kapasitas perangkat desa dan BPD selama tiga hari yang pematerinya dari Kesbangpol, inspektorat, kecamatan, Kabag Pemerintahan, DPPKAD, dan Bappeda Kota Banjar.

Adapun untuk rencana tahun 2018, pihaknya sudah merencanakan di bidang infrastruktur untuk pembangunan jalan pemukiman, jalan pertanian, drainase, jalan kip, PAUD, kirmir, lapang desa serta turap jalan bronjong.

Sebelumnya, Pemdes Raharja juga telah merealisasikan ADD tahap ketiga untuk pembuatan profil desa serta kegiatan pembinaan dan pelatihan untuk RT dan RW. Kegiatan pembinaan tersebut melakukan visitasi RT dan RW serta lainnya ke Desa Sukalaksana, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut. (Muhafid/Koran HR)