Sabtu, Agustus 20, 2022
BerandaBerita CiamisArus Lalu Lintas Padat, Polres Ciamis Berlakukan Sistem Buka Tutup

Arus Lalu Lintas Padat, Polres Ciamis Berlakukan Sistem Buka Tutup

Polres Ciamis melakukan sistem buka tutup di jalur menuju Kota Tasikmalaya, Minggu (24/12/2017). Foto : Tantan Mulyana/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Kepadatan arus lalu lintas terjadi di pertigaan pengkolan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, Minggu (24/12/2017). Dari pantauan HR Online di lapangan, ratusan kendaraan roda empat tersebut datang dari luar daerah Kabupaten Ciamis.

Sehingga untuk mengurai kemacetan, Kepolisian Polres Ciamis memberlakukan rekayasa lalu lintas dengan melakukan buka tutup, serta pengalihan jalur terutama untuk kendaraan yang akan menuju ke arah Kota Tasikmalaya. 

Kasat Lantas Polres Ciamis, AKP Kurnia mengatakan, memberlakukan buka tutup arus lalu lintas terutama ke arah daerah Kota Tasikmalaya, dikarenakan terjadi kemacetan yang disebabkan oleh wisata baru yang berada di Tasikmalaya. 

“Tersendatnya arus kendaraan dikarenakan adanya wisata baru di Tasikalaya. Diduga kapasitas area parkir yang kurang memadai, yang mengakibatkan arus lalu lintas dari kedua arah menjadi tersendat,” ucapnya kepada HR Online. 

[ Berita Terkait : Arus Lalu Lintas di Jalur Provinsi Ciamis-Tasikmalaya Padat Merayap ]

Menurutnya, guna mengantisipasi melonjaknya arus kendaraan terutama yang berasal dari arah Ciamis menuju Tasikmalaya, pihaknya memberlakukan sistem buka tutup dan pengalihan jalur menuju ke arah Indihiang. 

“Ya kami memberlakukan sistem buka tutup saat ini, guna menghindari kemacetan parah terutama yang terjadi di wilayah Kecamatan Sindangkasih,” ungkapnya. 

Oleh karena itu, lanjutnya, kepada seluruh pengguna jalan agar memilih jalan alternatif lainnya, hal tersebut untuk menghindari penumpukan kendaraan yang akan menuju ke arah Kota Tasikmalaya. 

“Kami mengharapkan kepada seluruh pengguna jalan untuk mengambil jalan alternatif lainnya, untuk menghindari kemacetan parah,” himbaunya. (Tantan/R5/HR-Online)