Sabtu, Mei 28, 2022
BerandaBerita CiamisBegini Cara Lapas Ciamis Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

Begini Cara Lapas Ciamis Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

Grup qasidah dari napi perempuan saat tampil dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Lapas Kelas II B Ciamis. Photo: Dian Sholeh Wardiana/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Sebagai bentuk kecintaan dan mengingatkan umatnya untuk terus meneladani perilaku Rasulullah, Lapas Kelas II B Ciamis, Jawa Barat, menggelar acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Jum’at (08/12/2017).

Kepala Lapas Kelas II B Ciamis, Gumilar Budirahayu, saat ditemui HR Online usai acara, mengatakan, Nabi Muhammad SAW adalah suri tauladan yang patut dicontoh.

“Beliau mengajarkan manusia tentang toleransi, tenggang rasa, dan membangun kerukunan dalam keragaman agar menjadi pribadi dan masyarakat beradab. Peringatan Maulid Nabi ini kita acarakan di Lapas Ciamis sebagai salah satu bentuk syukur atas kecintaan, dan untuk mencontoh suri tauladan Nabi Muhammad SAW,” terangnya.

Lebih lanjut Gumilar menuturkan, sosok figur globalisasi pertama dalam sejarah umat manusia, Nabi Muhammad adalah betul-betul rahmatan lil alamin. Beliau merupakan tokoh pemersatu di dunia.

Untuk itu, Gumilar menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat, khususnya warga binaan Lapas Ciamis, dapat mengimplemetasikan arti penting dari peringatan Maulid Nabi, serta mengamalkan apa yang telah disampaikan oleh penceramah dalam acara tersebut.

“Alhamdulillah, di sini berbagai pembinaan kita telah lakukan baik keagamaan maupun pembinaan yang lainnya, seperti halnya kerajinan. Hal ini bisa dijadikan modal disaat mereka nanti sudah keluar dari sini,” ucapnya.

Dia menambahkan, bahwa Rasulullah SAW selalu memberikan contoh tauladan kepada semua umatnya, dengan melakukan kasih sayang dan rahmat kepada sesama umat, begitu pula terhadap musuh-musuhnya.

Dirinya berharap, peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW ini bisa dijadikan momentum positif, untuk meneguhkan Islam sebagai agama yang memberi kerahmatan bagi sesama manusia dan alam (rahmatan lil alamin). Karena, Islam disebarkan dan diajarkan oleh Nabi Muhammad dengan cara-cara yang penuh kelembutan dan kasih sayang, bukan dengan cacian dan makian.

Selain menghadirkan penceramah, acara tersebut juga diisi dengan penampilan grup qasidah dari narapidana perempuan yang telah mendapatkan pembinaan secara konsisten. (DSW/R3/HR-Online)

- Advertisment -