Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita PangandaranBertahun-tahun di Teras Rumah, Warga di Pangandaran Ini Minta Dibangunkan Gedung Posyandu

Bertahun-tahun di Teras Rumah, Warga di Pangandaran Ini Minta Dibangunkan Gedung Posyandu

Kegiatan Posyandu di Dusun Citarunggang, Desa Pangkalan, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran. Foto: Aceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Sudah bertahun-tahun keberadaan Posyandu di Dusun Citarunggang, Desa Pangkalan, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran melayani masyarakat di teras rumah warga. Karena kondisi tersebut, masyarakat meminta agar pemerintah membangunkan sebuah gedung Posyandu yang representatif agar pelayanan bisa maksimal.

Posyandu yang merupakan sarana umum cukup vital dalam memberikan pelayanan kesehatan ibu dan anak. Sebagai ujung tombak pelayanan kepada masyarakat di bidang kesehatan, seyogyanya mendapatkan perhatian serius.

“Di Posyandu ini juga berfungsi untuk memberikan penyuluhan bagi masyarakat. Maka dengan harapan adanya Posyandu yang layak, berbagai kegiatan pelayanan bisa maksimal,” kata Anis Susanti, salah satu warga kepada Koran HR, Selasa (12/12/2017).

Edi Supriadi, salah satu penyulih KB di Desa Pangkalan, membenarkan kegiatan Posyandu di Dusun Citarunggang berada di teras rumah salah satu warga sejak berpuluh-puluh tahun lamanya.

“Mudah-mudahan saja harapan masyarakat di tahun 2018 ada pembangunan Posyandu yang diharapkan masyarakat. Sebab, keberadaan tempat pelayanan kesehatan ini juga bisa dijadikan tempat penyuluhan pertanian, rapat dusun dan kegiatan lainnya,” kata Edi.

Sementara itu, Hana Rostiana, bidan setempat, juga mengatakan hal senada. Ia menilai permintaan masayrakat tersebut sudah sangat mendesak dan perlu segera diwujudkan.

“Sudah saatnya pemerintah memberikan dan merealisasikan keinginan masyarakat. Tentunya keinginan ini guna memperlancar proses pelayanan kesehatan terhadap masyarakat, terutama ibu dan anak,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Desa Pangkalan, Ukar Heryadi, mengatakan, bahwa di 5 dusun yang ada baru satu dusun yang memiliki Posyandu, yakni Dusun Cibatu.

“Dari 4 dusun yang belum, mudah-mudahn tahun 2018 bisa terealisasi, termasuk di Dusun Citarunggang meskipun secara bertahap,” singkatnya. (Aceng/Koran HR)