Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita PangandaranBidang Persampahan Pangandaran Siap Hadapi Tahun Baru

Bidang Persampahan Pangandaran Siap Hadapi Tahun Baru

Petugas persampahan Pangandaran saat mengangkut sampah. Foto: Dokumen HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Pangandaran Bidang Persampahan menargetkan retribusi sampah mencapai Rp. 1,5 miliar pertahun sebagaimana Perda Nomor 32 tahun 2016. Namun, pada realisasinya, baru bisa terlaksana per bulan April 2017 lantaran keterbatasan SDM.

Kepala Bidang Persampahan, Cucu Kurniawan, mengatakan, anggaran perubahan ini pihaknya telah menyiapkan sebanyak 6 kontainer, 16 gerobak sampah yang akan ditempatkan di Pasar Padaherang 1, Kedungwuluh 1, Karangpawitan 1, dan Pasar Kalipucang 1, serta di seluruh objek wisata yang ada di Kabupaten Pangandaran.

“Tong sampah kita tempatkan di lokasi vital seperti taman, pantai, taman pusat kota, dan tempat strategis lainnya,” kata Cucu Kurniawan pada Koran HR, Senin (25/12/2017) lalu.

Masih dikatakan Cucu, tenaga kebersihan yang ada di Kabupaten Pangandaran sebanyak 83 orang, berikut kru mobil penarik. Dengan keadaan seperti itu, kata ia, jauh dari kata ideal yang seharusnya mencapai 200 orang sesuai hasil kajian akademik.

“Saat ini ada perluasan wilayah di Citumang. Rencana sudah siap melayani di tahun baru 2018 dengan menggunakan 2 kontainer di dua tempat, yakni wilayah 1 dan 2,” imbuhnya

Meski terkendala petugas kebersihan, kata Cucu, namun tidak menyurutkan pihaknya dan para petugas untuk menjalankan kewajibannya membersihkan sampah yang ada di Pangandaran, terutama di lokasi vital.

“Walaupun serba keterbatasan, tetapi kami telah siap menghadapi parayaan tahun baru 2018. Karena sangat erat kaitannya dengan nama baik Pangandaran, maka kita kerja ekstra. Untuk pengangkutan sampah biasanya kita lakukan di malam hari saat lengang. Khusus di taman dan bundaran pintu masuk, kita stand by terus,” pungkasnya. (Mad/Koran HR)