Senin, Agustus 15, 2022
BerandaBerita PangandaranDinkes Pangandaran Terjunkan 60 Petugas Kesehatan

Dinkes Pangandaran Terjunkan 60 Petugas Kesehatan

Foto: Ilustrasi net/Ist

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Puluhan tenaga medis diterjunkan Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran di berbagai titik lokasi wisata dan rawan. Tenaga medis yang disiapkan di beberapa posko di tempat yang dianggap rawan itu guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, khususnya masalah kesehatan dari wisatawan yang tengah berlibur ke Pangandaran.

Dari informasi yang dihimpun, sebanyak 60 tenaga medis tersebut disebar di sejumlah lokasi wisata yang dianggap rawan, termasuk wisata yang tidak dikelola oleh pemerintah seperti Citumang.

Kepala Dinas Kesehatan Pangandaran, Yani Achmad Marzuki, mengatakan, sebagaimana hasil rapat koordinasi bersama Bupati sebelum libur panjang ini, pihaknya sudah menyiapkan petugas yang akan ditempatkan diberbagai posko kesehatan. Adapun jumlah petugas medis tiap posko, kata Yani, sedikitnya ada 3 orang yang siap melayani kesehatan 24 jam penuh.

“Mereka mulai menjalankan tugasnya dimulai saat libur panjang hingga selesai liburan nanti. Jadi, nanti kalau sudah selesai, semua kita tarik kembali untuk melaksanakan tugas seperti semula,” kata Yani kepada Koran HR, Selasa (26/12/2017).

Ia menjelaskan, bahwa dirinya terus berkeliling guna memantau para petugas di lapangan. Bahkan, pihaknya sudah mengintruksikan Puskesmas terdekat untuk siap siaga apabila ada hal-hal penting guna mengambil langkah dalam membantu kebutuhan medis.

“Tiap posko kita sudah siapkan obat-obatan untuk wisatawan. Jika perlu penanganan lebih lanjut, tentu kita akan bawa ke Puskesmas terdekat,” tegasnya.

Saat dikonfirmasi perihal petugas kesehatan yang tidak ada di posko kesehatan, Yani meyakinkan bahwa para petugas sudah menjalankan tugas sebagaimana bagian masing-masing.

“Bila kebetulan datang terlambat ke Posko itu manusiawi. Sebab petugas melakukan penjagaan selama 24 jam. Yang jelas, semua petugas kesehatan stand by di posko masing-masing sesuai yang dijadwalkan,” pungkasnya. (Ntang/Koran HR)