Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaBerita BanjarKaleidoskop Kota Banjar 2017

Kaleidoskop Kota Banjar 2017

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

 Januari

Warga Curug Taneuh Kembali Diterjang Longsor

Pataruman, (HR),-

Intensitas hujan yang tinggi di wilayah Kota Banjar, membuat sejumlah titik mengalami musibah banjir dan longsor. Salah satu daerah yang menjadi langganan bencana adalah di Lingkungan Panatasan, RT. 03, RW. 20, Kelurahan/Kecamatan Pataruman, Kota Banjar.

 

Sawah Terendam Banjir, Petani Terancam Gagal Panen

Purwaharja, (HR),-

Akibat meluapnya air Sungai Citapen, ratusan hektare sawah di wilayah Dusun Pasirleutik, RT. 31/12, dan di Lingkungan Siluman Batu, RT. 39/18, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, terendam banjir, Senin (23/01/2017).

 

Februari

Paripurna Istimewa HUT Banjar ke-14,

Ajang Evaluasi & Introspeksi untuk Kemajuan Banjar

Banjar, (HR),-

Pada puncak hari jadi Kota Banjar ke-14, acara Sidang Paripurna Istimewa Hari Jadi Kota Banjar yang berlangsung di Gedung DPRD dan dipimpin Ketua DPRD Kota Banjar, Dadang R Kalyubi, berlangsung khidmat.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Kota Banjar, Dadang Kalyubi, menyampaikan kegembiraannya atas kesuksesan Kota Banjar yang telah sampai pada usia 14 tahun. Berkat dukungan dan dorongan dari masyarakat terhadap Pemerintah Kota Banjar, membuat berbagai pembangunan dari berbagai sektor bisa berhasil dicapai.

 

Maret

Dua Ekor Harimau Turun Dari Gunung Babakan

Purwaharja, (HR),-

Dalam sepekan ini, warga Lingkungan Ciaren, Kelurahan Karangpanimbal, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, dihinggapi rasa was-was. Pasalnya, sudah dua kali mereka melihat dua ekor harimau turun dari Gunung Babakan hingga ke Tempat Penimbunan Kayu (TPK) Perhutani.

 

Pemerintah Berlakukan Kebijakan Full Day School

Banjar,(HR),-

Wacana full day school yang telah lama bergulir, bahkan sudah berjalan di berbagai daerah, termasuk di Kota Banjar, membuat sejumlah kalangan terus dibayang-bayangi kekhawatiran asupan pendidikan agama terhadap siswa yang semakin menurun.

Di Kota Banjar, pada tingkatan sekolah dasar (SD), baru satu sekolah yang menjalankan full day school atau penguatan pendidikan karakter (PPK), yakni di SDN 1 Banjar. Begitu juga untuk tingkatan SMP baru bejalan di satu sekolah, yakni di SMPN 1 Banjar. Sedangkan, untuk tingkat SMA/SMK, hampir sebagian besar sudah menjalankan kebijakan baru pemerintah tersebut.

 

April

5.761 Warga Miskin Belum Terima Rastra

Banjar, (HR),-

Hingga awal April ini, Pemerintah Kota Banjar belum mendistribusikan beras sejahtera (Rastra) kepada 5.761 warga miskin yang tidak tercover dalam program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Kemensos RI. Padahal, warga miskin tersebut sudah direncanakan akan ditanggulangi Pemkot Banjar melalui APBD kota, yakni masing-masing akan diberikan sebanyak 5 kilogram beras.

 

Tanggul Irigasi Sepanjang 20 Meter Jebol

Langensari, (HR),-

Kondisi cuaca buruk yang terjadi akhir-akhir ini menyebabkan tanggul saluran irigasi Blok Nyumbang sepanjang 20 meter di perbatasan antara Dusun Sindangasih, Desa Kujangsari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, dengan Dusun Karangmalang, Desa Puloerang, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, mengalami jebol sekitar 3 minggu lalu. Akibatnya, areal pesawahan di Desa Puloerang mengalami banjir saat hujan turun.

 

Empat Rumah Warga Sukamaju Terancam Tebing Longsor

Pataruman, (HR),-

Tebing sepanjang 30 meter dengan ketinggian sekitar 10 hingga 20 meter yang terletak di RT. 02, RW. 04, Dusun Sukamaju, Desa Mulyasari, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, mengalami amblas pada Sabtu (08/04/2017) lalu, dan mengancam rumah warga sekitar yang persis berada di bawahnya.

 

Mei

Pemkot Banjar Lelang Jabatan

Banjar, (HR),-

Pemerintah Kota Banjar, saat ini sedang melelang sepuluh jabatan pimpinan tinggi pratama, termasuk jabatan sekretaris daerah (sekda). Lelang jabatan ini mendapat apresiasi positif dari berbagai kalangan, karena implementasinya untuk kemajuan pemerintahan daerah.

 

Mei 2017, Pembangunan RS Type C Dimulai

Langensari, (HR),-

Tahapan pelaksanaan pembangunan Rumah Sakit Type C (Pratama) di Kelurahan Muktisari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, akan dimulai pengerjaannya pada bulan Mei ini. Hal itu terungkap saat Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kota Banjar, melakukan sosialisasi akhir di hadapan kurang lebih 50 orang perwakilan masyarakat setempat, di Aula BPP, Jum’at (12/05/2017).

Pembangunan tahap awal yang akan menghabiskan anggaran Rp.15 miliar dan dikerjakan oleh CV. Tunas, selaku pihak ketiga pemenang lelang itu salah satunya pengerjaan pematangan atau pengurugan lahan seluas 11.056 M2, mencakup lahan lapang sepakbola, Paud dan makam pahlawan.

 

Juni

Fenomena Tawuran di Kalangan Remaja Mulai Merambah Daerah

Banjar, (HR),-

Fenomena tawuran di kalangan remaja/pelajar yang biasanya terjadi di kota-kota besar, kini mulai merambah ke daerah. Seperti halnya tawuran dua kelompok remaja yang terjadi di perkebunan jati, tepatnya di Kampung Cijati, Desa Binangun, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar.

Di lokasi tersebut dua kelompok remaja yang juga masih pelajar SMP itu terlibat saling serang dengan menggunakan bambu, kayu, besi, clurit, dan gir sepeda motor. Penyebab tawuran yang terjadi pada Jum’at (16/06/2017) sore, sekitar pukul 15.00 WIB itu diduga karena masalah sepele.

 

Juli

Musim Kemarau, Sejumlah Wilayah Mulai Kesulitan Air

Banjar, (HR),-

Masyarakat di sejumlah wilayah di Kota Banjar saat ini mengalami krisis air bersih. Dampaknya, sebagian masyarakat yang umumnya tinggal di daerah perbukitan atau pegunungan, harus rela bersusah payah mendapatkan air demi memenuhi kebutuhan rumah tangganya.

Seperti diungkapkan Cati (51), salah seorang warga RT.03, Dusun Sukamaju, Desa Mulyasari, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, bahwa sudah hampir satu bulan lamanya ia bersama sekitar 50 kepala keluarga (KK) lainnya kelimpungan untuk mendapatkan air bersih. Hal itu karena daerahnya merupakan dataran paling tinggi dibanding lingkungan lain yang ada di Mulyasari.

 

Agustus

Musim Kemarau Basah,

BPBD Himbau Masyarakat Waspada Bahaya Kebakaran

Banjar, (HR),-

Berdasarkan SK Walikota Banjar yang diterbitkan mulai Juni hingga akhir Oktober 2017, Pemkot Banjar mengeluarkan siaga darurat kekeringan untuk tiga kecamatan, yakni Kecamatan Banjar, Kecamatan Purwaharja dan Kecamatan Pataruman. Untuk itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjar, menghimbau kepada masyarakat agar selalu waspada akan bahaya kebakaran di musim kemarau.

 

September

 

Musim Kemarau, Warga Batulawang Krisis Air Bersih

Pataruman, (HR),-

Musim kemarau yang melanda wilayah Kota Banjar saat ini, membuat sebagian warganya memanfaatkan air sungai untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Seperti halnya di Dusun Karangsari, Blok Pacor, Desa Batulawang, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar. Sejak dua bulan terakhir ini di wilayah tersebut mengalami kekeringan. Sumur milik warga hampir semuanya mengering, sehingga untuk memenuhi keperluan mandi cuci kakus (MCK), warga memilih mengambil air ke Sungai Ciseel yang volume airnya pun mulai surut.

 

Warga Banjar Menjerit, Gas Elpiji 3 Kg Langka

Banjar, (HR),-

Sejak sebulan terakhir ini warga mengeluhkan dengan langkanya pasokan gas elpiji 3 kilogram. Gas melon itu kini sulit didapat di pasaran, sehingga hampir setiap hari warga harus antri di setiap pangkalan gas yang ada di wilayah Kota Banjar.

 

Tahun 2017, Kasus Kriminalitas di Banjar Meningkat

Banjar, (HR),-

Sepanjang tahun 2017, terhitung per bulan Januari hingga akhir Agustus, trend tingkat jumlah kasus kejahatan kriminalitas di Kota Banjar menunjukkan perkembangan yang cukup signifikan. Hal itu diungkapkan Kasat. Reskrim Polres Banjar, AKP. Syahroni, Selasa (26/09/2017). Dia menyebutkan, grafik kasus kejahatan 3 C (Curat, Curas dan Curanmor) terus merangkak naik. Kasus pencurian dan pemberatan atau Curat, sampai awal Agustus 2017 sudah mencapai sekitar 9 kasus.

 

Oktober

Hingga Triwulan Terakhir Oktober 2017

Realisasi PAD Kota Banjar Masih Rendah

Banjar, (HR),-

Pemerintah Kota Banjar pada tahun 2017 ini menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp.131 miliar lebih. Namun, sampai memasuki triwulan terakhir sampai akhir Oktober, yang terealisasi baru mencapai sebesar Rp.97 miliar atau sekitar 74,39 persen.

 

November

Curah Hujan Cukup Tinggi

BPBD Himbau Warga Tetap Waspadai Banjir & Longsor

Banjar, (HR),-

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjar, menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap berbagai kemungkinan terjadinya bencana alam di musim penghujan, terutama di daerah rawan longsor dan banjir.

 

Desember

Tahap Awal Pembangunan RSP Terjadi Perubahan Item

Langensari, (HR),-

Tahap awal pembangunan Rumah Sakit Pratama (RSP) di Kelurahan Muktisari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, akan segera selesai pada minggu ini, sebagaimana jangka waktu kerja yang ditetapkan. Diketahui, pengerjaan tahap awal bangunan RS berlantai tiga itu sampai pada plester dan acian tembok.

Namun, pada kenyataannya bangunan lantai tiga bagian luar sebelah samping dan belakangnya terlihat hanya pasangan bata tanpa plester acian. Pelaksana di lapangan dari CV. Tunas Fortuna Jaya, Yana, menjelaskan, jangka waktu kerja tahap awal pembangunan RSP berakhir sampai 26 Desember 2017, dan untuk lantai tiga bagian luar tidak sampai pada pekerjaan plester acian karena ada perubahan item. ***