Selasa, Agustus 16, 2022
BerandaBerita PangandaranKapolda: Pendirian Polres Pangandaran Masih Tunggu Hasil Kajian MenPAN RB

Kapolda: Pendirian Polres Pangandaran Masih Tunggu Hasil Kajian MenPAN RB

Kapolda Jabar Irjen Pol Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si bersama Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata, di sela-sela menyaksikan simulasi penyelamatan korban laka laut di pantai Barat Pangandaran, Sabtu (30/12/2017). Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Rencana pendirian Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Pangandaran, masih menunggu hasil kajian yang dilakukan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB). Dengan begitu, pihak Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat belum dapat memastikan kapan pendiriannya, karena harus menunggu hasil kajian tersebut.

Hal itu dikatakan Kapolda Jabar Irjen Pol Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si kepada awak media, di sela-sela menyaksikan simulasi penyelamatan korban laka laut di pantai Barat Pangandaran, Sabtu (30/12/2017). “Masih menunggu hasil kajian di MenPAN RB. Karena harus dihitung dulu sejauhmana gangguan Kamtibmas-nya, lalu strukturalnya bagaimana. Semua itu masih dalam kajian,”katanya.

Kapolda menambahkan, meski Pemkab Pangandaran sudah menyiapkan lahan untuk lokasi kantor Polres Pangandaran seluas 5 hektar, namun tidak bisa langsung berdiri begitu saja, karena harus menempuh mekanisme yang ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan.

“Kami dari Polda sudah mengusulan ke Mabes Polri. Kemudian dari Mabes sudah direkomendasikan ke MenPAN RB. Nah, kita tunggu saja bagaimana hasilnya di MenPAN RB. Karena keputusannya ada di MenPAN RB,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Kapolda juga menyampaikan pesan kepada seluruh element masyarakat Pangandaran. Dalam pesannya, dia mengajak masyarakat menjadi polisi dirinya sendiri. “Polisi bagi diri sendiri itu artinya menjadi pelindung bagi diri kita dan keluarga masing-masing,”pungkasnya.

Di tempat yang sama, Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata, mengatakan, pihaknya sangat berterimakasih kepada jajaran kepolisian yang sudah memberikan support dalam membangun Pangandaran melalui berbagai kegiatan Kamtibmas.

“Dengan dukungan keamanan dari pihak kepolisian tentunya akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dan juga wisatawan yang tengah berlibur di Pangandaran. Hal inipun tak lepas dari komunikasi dan koordinasi yang sudah dibangun sangat baik antara Pemkab dengan jajaran kepolisian,” ujarnya.

Sementara terkait persiapan pendirian Polres Pangandaran, Jeje mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan lahan seluas 5 hektar untuk kantor Mapolres. “Lahannya sudah kita siapkan sejak lama. Tinggal menunggu kesiapan dari pemerintah pusat kapan pendirian Mapolres akan mulai dibangun,” ujarnya. (Mad/R2/HR-Online)