Sabtu, Agustus 20, 2022
BerandaBerita BanjarPemdes & BPD Langensari Banjar Susun Perdes Pemilihan BPD

Pemdes & BPD Langensari Banjar Susun Perdes Pemilihan BPD

Progres pembangunan rehab Kantor Desa Langensari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar. Foto: Nanang Supendi/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Agar fungsi pengawasan pelaksanaan kegiatan pemerintahan dan pembangunan bisa terus berjalan, Pemerintah Desa Langensari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, bersama BPD-nya saat ini sedang menyusun Peraturan Desa (Perdes) tentang Pemilihan BPD. Dimana masa bhakti BPD 2012 -2018 akan berakhir pada bulan Juni 2018 mendatang.

Diketahui, hingga kini Perdes tersebut masih berbentuk draf dan telah disosialisasikan oleh Pemerintah Desa Langensari kepada perwakilan atau tokoh masyarakat desa setempat pada hari Rabu (06/12/2017) lalu, di Aula Desa Langensari.

“Draf Perdes tentang Pemilihan BPD disosialisasikan untuk mendapat masukan dari warga, sebelum nantinya ditetapkan menjadi Perdes,” kata Kepala Desa Langensari, Yanti, kepada Koran HR, saat ditemui usai kegiatan.

Menurutnya, dengan adanya peraturan baru terkait jumlah penduduk dan keterwakilan perempuan dalam keanggotaan BPD, maka perlu disosialisasikannya tentang draf Perdes tersebut. Karena, BPD merupakan fungsi pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan pemerintahan desa.

“Syarat umum anggota BPD Langensari adalah minimal pendidikan SMP dan warga asli Desa Langensari. Dilihat dari jumlah keterwakilan penduduk di Desa Langensari, maka jumlah anggota BPD maksimal 7 orang,” terang Yanti.

Sekretaris Desa Langensari, Dadang Suharto, menambahkan, sambil menyelesaikan kegiatan pembangunan di tahun 2017 ini, pihak desanya juga saat ini sedang mempersiapkan regulasi tingkat desa dalam pemilihan BPD.

“BPD yang ada akan habis jabatan keanggotaannya pada Juni 2018 mendatang. Untuk itu kami sampaikan dulu draf Perdes ini kepada masyarakat agar memberikan masukan,” katanya.

Selain itu, Dadang juga mengatakan, bahwa untuk pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap III baru bisa diterima desanya minggu depan, sebagaimana pengajuannya ada yang harus diperbaiki.

“Alhamdulillah, berkasnya sekarang dalam proses di DPPKA. Syukur-syukur dalam minggu ini bisa cair,” tukas Dadang.

Sementara itu, Ketua BPD Langensari, Joni, mengatakan, mengenai draf Perdes yang sedang disusun tersebut, ada beberapa point yang sudah disepakati dalam pemilihan BPD, yaitu terkait jumlah anggota sebanyak 7 orang. Hal itu melihat jumlah penduduk yang ada sebanyak 9.000 lebih, sementara jumlah hak suara sekitar 6.000 lebih.

“Kemudian, untuk sistem pemilihan yang digunakan akan memakai sistem pemilihan langsung. Ini kami pilih untuk meminimalisir permasalahan atau pengantisipasian persoalan. Kalau memakai sistem perwakilan musyawarah, sepertinya tidak menjamin kekondusifan. Itu pengamatan di wilayah desa kami,” kata Joni. (Nanks/Koran HR)