Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaBerita BanjarPemdes Waringinsari Banjar Miliki Kampung Tadarus Al-Qur’an

Pemdes Waringinsari Banjar Miliki Kampung Tadarus Al-Qur’an

Launching Kampung Tadarus Al-Qur’an di wilayah Desa Waringinsari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar. Foto: Nanang Supendi/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Guna meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan warganya terhadap Allah SWT, Pemerintah Desa Waringinsari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, di tahun 2017 ini telah memiliki Kampung Tadarus Al-Qur’an, dan peresmiannya sudah dilaksanakan dua minggu lalu. Program tersebut sejalan dengan yang ditargetkan Pemkot Banjar di tahun 2018.

Kepala Desa Waringinsari, Misbahudin, melalui Sekdesnya, Sulaeman Zajuli, mengatakan, program itu digalakan sebagai bentuk pembangunan karakter keimanan warga terhadap agama yang dianutnya.

“Warga perlu dibentengi keimanannya, tentunya pemeluk agama Islam dengan Al-Qur’an. Sebelum dilaunching, program ini sudah dijalankan warga Desa Waringinsari,” kata Sulaeman, kepada Koran HR, Rabu (27/12/2017).

Intinya, pihak desanya bukan hanya menggarap kegiatan bidang pembangunan fisik dan penyelenggaraan pemerintahan, tapi pembangunan karakter keimanan pun dipentingkan yang merupakan bagian dari kegiatan bidang pembinaan kemasyarakatan.

Sulaeman menjelaskan, teknis pelaksanaan program Kampung Tadarus Al-Qur’an setiap Jum’at pagi di 10 mesjid yang ada di wilayah Desa Waringinsari, dengan masing-masing jamaah mesjid membaca 3 juz.

Kemudian, setiap Ahad pon, yakni usai sholat subuh, di 10 mesjid tersebut secara bergiliran setiap jamaah membaca langsung 30 juz, dan setiap Ahad wage pada salah satu rumah warga yang ditunjuk dengan dimotori hafidah se-Desa Waringinsari, juga membaca 30 juz.

Lebih lanjut Sulaeman mengatakan, Pemerintah Desa Waringinsari juga telah menuntaskan semua realisasi kegiatan sebagaimana dana transfer yang diterima pada tahun 2017, termasuk pencairan tahap III yang telah selesai kegiatannya satu minggu lalu.

“Pencairan tahap III itu dialokasikan lebih banyaknya pada kegiatan pembinaan kemasyarakatan, yaitu sekitar 200 juta rupiah dari total pencairan tahap III sebesar 571 juta rupiah. Selebihnya untuk kegiatan bidang lain, dan semuanya sudah terealisasi. Kita akui ada Silpa sekitar 600 juta rupiah,” terangnya.

Selain telah merampungkan LPJ tahap III, pihak desanya saat ini sedang fokus menyelesaikan RAPBDes Tahun 2018. Dalam rencana pembangunan di 2018 masih terfokus pada bidang fisik.

“Kami juga saat ini sedang melakukan persiapan dijadikan lokasi P2WKSS tahun 2018 atas penunjukan Pemkot Banjar. Lokasi P2WKSS di desa kami ini ditempatkan di Dusun Sukanegara, RT.06, dan RT.07, RW.02,” pungkas Sulaeman. (Nanks/Koran HR)