Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita Ciamis(Pilkada Ciamis) Kuatkan Keputusan Sebelumnya, DPP Golkar Putuskan Usung Iing-Oih

(Pilkada Ciamis) Kuatkan Keputusan Sebelumnya, DPP Golkar Putuskan Usung Iing-Oih

Jajaran pengurus DPD Partai Golkar Kabupaten Ciamis, saat memberikan keterangan pers terkait surat ketetapan DPP Partai Golkar yang memutuskan mengusung pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Ciamis, Iing Syam Arifin- Oih Burhanudin, di kantor DPD Partai Golkar Ciamis, Selasa (26/12/2017). Foto: Heri Herdianto/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

DPP Partai Golkar akhirnya menguatkan surat keputusan yang sudah dikeluarkan sebelumnya. Melalui surat ketetapan nomor R-540/Golkar/XI/2017 tertanggal 21 November tahun 2017 tentang pengesahan pasangan calon kepala daerah Kabupaten Ciamis, menegaskan bahwa mengusung Iing Syam Arifin sebagai Calon Bupati Ciamis dan berpasangan dengan Oih Burhanudin sebagai calon Wakil Bupati Ciamis.

Sebelumnya melalui surat ketetapan nomor 1297/G/IX/2017 tertanggal 6 September 2017, DPP Partai Golkar pun sudah mengeluarkan keputusan yang menyatakan mengusung Iing Syam Arifin sebagai calon bupati Ciamis. Namun, pada surat tersebut tidak menyebutkan intruksi untuk didaftarkan ke KPUD dan tidak menyebutkan siapa calon wakil bupati-nya. Surat tersebut hanya memuat tiga intruksi, yakni melakukan koordinasi dengan calon bupati, membangun koalisi dan mengusulkan tiga nama kandidat calon wakil bupati.

Surat ketetapan itupun sempat menuai polemik di internal Partai Golkar Ciamis. Karena sebagian fungsionaris Partai Golkar beranggapan bahwa surat ketetapan itu belum bersifat final dan dapat berubah.

Namun, pada surat rekomendasi kali ini, terdapat dua salinan yang ditandatangani Ketua Harian DPP Partai Golkar, Nurdin Halid dan Sekjen DPP Partai Golkar, Idrus Marham, dalam menetapkan pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Ciamis, Iing Syam Arifin- Oih Burhanudin. Salinan pertama berisi penetapan pasangan calon yang dibubuhi tandatangan bermateri atas nama Ketua Harian DPP Partai Golkar, Nurdin Halid dan tandatangan Sekjen DPP Partai Golkar, Idrus Marham.

Sementara pada salinan kedua berisi penetapan pasangan calon dan penegasan intruksi DPP Partai Golkar kepada DPD Partai Golkar Kabupaten Ciamis. Pada surat itu tertera empat intruksi yang harus dijalankan oleh pengurus DPD Partai Golkar Kabupaten Ciamis.

Pertama, DPD Golkar Ciamis dintruksikan untuk menindaklanjuti keputusan tersebut sesuai dengan ketentuan organisasi dan peraturan perundangan yang berlaku. Kedua, mengintruksikan untuk mendaftarkan pasangan calon yang sudah ditetapkan ke KPUD sesuai jadwal yang ditetapkan. Ketiga, menegaskan bahwa keputusan tersebut bersifat final dan mengikat bagi seluruh jajaran pengurus/fungsionaris/kader dan anggota Partai Golkar. Dan terakhir menegaskan bahwa segala tindakan yang bertentangan dengan hasil keputusan ini akan dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan organisasi yang berlaku.

Surat ketetapan nomor R-540/Golkar/XI/2017 tertanggal 21 November tahun 2017 tentang pengesahan pasangan calon kepala daerah Kabupaten Ciamis, menegaskan bahwa mengusung Iing Syam Arifin sebagai Calon Bupati Ciamis dan berpasangan dengan Oih Burhanudin sebagai calon Wakil Bupati Ciamis. Foto: Istimewa/DPD Golkar Ciamis

“Hari ini kami sudah menerima surat keputusan dari DPP Partai Golkar tentang pengusungan pasangan Calon Bupati-Wakil Ciamis yang diberikan kepada pasangan Iing Syam Arifin-Oih Burhanudin,” kata Sekertaris DPD Partai Golkar Ciamis Baim Setiawan, saat menggelar konferensi pers, di kantor DPD Partai Golkar Ciamis, Selasa (26/12/2017).

Dengan turunnya surat rekomendasi tersebut, lanjut Baim, maka proses penjaringan calon kepala daerah di internal Partai Golkar Kabupaten Ciamis, sudah selesai. “Ada dua bakal calon bupati Ciamis yang mendaftar ke Golkar, yakni Pak Iing Syam Arifin dan Pak Herdiat. Setelah turun rekomendasi dari DPP Partai Golkar yang menyatakan mengusung Pak Iing Syam Arifin berpasangan dengan Pak Oih Burhanudin, maka selesailah sudah tahap penjaringan calon di internal Golkar,” ujarnya.

Baim menegaskan, sebagaimana yang tercantum dalam surat ketetapan tersebut bahwa keputusan mengusung Iing Syam Arifin-Oih Burhanudin bersifat final dan mengikat untuk seluruh fungsionaris dan kader Golkar.  “ Dalam surat ketetapan itupun ditegaskan bahwa segala tindakan yang bertentangan dengan hasil keputusan itu akan dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan organisasi yang berlaku. Artinya, kami minta kepada seluruh fungsionaris dan kader Golkar Ciamis agar patuh dan taat pada keputusan partai,” tegasnya. (Her/R2/HR-Online)