Sabtu, Agustus 20, 2022
BerandaBerita PangandaranPLN Sediakan SPLU di Lokasi Wisata Pangandaran

PLN Sediakan SPLU di Lokasi Wisata Pangandaran

Peresmian SPLU di Taman Pangandaran Sunset oleh Manager PLN Area Tasikmalaya didampingi Asisten Manager Area Bagian Pelayanan dan Pemasaran, Manager PLN Rayon Pangandaran, serta beberapa Manager PLN Rayon daerah lainnya. Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Sebagai daerah tujuan wisata, Kabupaten Pangandaran terus dibenahi, baik dari sisi penataan maupun pelayanan terhadap wisatawan yang berkunjung ke daerah di ujung Jawa Barat ini. Sebagai dukungan terhadap daerah wisata Pangandaran, PLN (persero) menyediakan Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) di Taman Pangandaran Sunset.

Diketahui, SPLU yang disediakan PLN diresmikan secara langsung oleh Manager PLN Area Tasikmalaya Heru Purwoko, dan didampingi Asisten Manager Area Bagian Pelayanan dan Pemasaran, Manager PLN Rayon Pangandaran, serta beberapa Manager PLN Rayon daerah lainnya. Tak hanya itu, peresmian pada Minggu (17/12/2017) lalu itu juga dihadiri Kepala Bidang Destinasi Disparbud Kabupaten Pangandaran.

Manager PLN Area Tasikmalaya Heru Purwoko menjelaskan, SPLU merupakan solusi dari PLN untuk masyarakat yang memiliki mobilitas tinggi di luar rumah. Tak hanya itu, para PKL, outdoor event atau kegiatan kontruksi bangunan juga dapat menikmati dan memanfaatkannya.

“SPLU dipersiapkan untuk menyongsong era kendaraan listrik yang ramah lingkungan untuk lndonesia di masa depan. Kami ingin lebih mendekatkan pada masyarakat yang sangat membutuhkan sebagai sahabat dan memberikan layanan listrik yang aman untuk kita, di manapun dan kapanpun berada,” pungkas Heru Purwoko.

Di lokasi yang sama, Manager PLN Rayon Pangandaran, Pilih Kondhang, mengatakan, pihaknya terus berkomitmen membantu serta mendorong memberikan pelayanan di bidang kelistrikan agar Pangandaran menjadi tujuan wisata berkelas dunia.

“Manfaat yang didapat dari SPLU yakni masyarakat tidak susah lagi untuk mengisi ulang baterai atau peralatan elektroniknya di tempat umum,” jelas Pilih Kondang.

Ia menambahkan, solusi penyediaan listrik yang aman dan nyaman serta mengurangi sambungan liar di tempat umum yang dapat membahayakan masyarakat, merupakan bagian dari manfaat SPLU. Selain itu, SPLU juga sebagai sarana untuk mengisi baterai motor maupun mobil listrik.

“Kami ikut mendorong pertumbuhan ekonomi juga. Dengan memudahkan outdoor events, pedagang kaki lima atau pelaku usaha lain yang membutuhkan sambungan listrik secara tidak permanen di tempat umum jadi lebih muda,” pungkas Pilih Kondhang.

Kepala Bidang Destinasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran, Dudung Cahyadi, mengapresiasi inisiatif dan inovasi PLN dalam rangka mendukung Pangandaran menjadi tujuan wisata dunia melalui SPLU ini.

Menurutnya, layanan umum atas energi yang diperlukan masyarakat, khusunya wisatawan, sangat mendukung sekali keberadaan Pangandaran sebagai lokasi wisata. Dengan pemasangan SPLU di tempat umum seperti di panggung terbuka, taman, pusat perbelanjaan, tempat relokasi, bumi perkemahan, dermaga ruang tunggu, serta tempat lainnya akan lebih memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan listrik.

“Seperti contohnya di panggung terbuka, jika ada kegiatan pasti menggunakan genset. Nah kalau sudah ada SPLU kan tidak ribet, tinggal beli token listrik saja. SPLU sendiri kapasitasnya juga cukup besar, 4 KWh. Jadi, yang mau kemping, hiburan, sampai charge handphone bisa menggunakan di sini langsung,” kata Dudung.

Ia berharap, ke depan semua obyek wisata yang berkaitan dengan fasilitas umum diharapkan didirikan SPLU. Bahkan, ia juga menginginkan bermitra dengan Telkom untuk menyediakan fasilitas Wi-fi di lokasi wisata guna menunjang Pangandaran sebagai kabupaten cerdas, sesuai dengan arah kebijakan RPJMD. 

“Kami harap bagi wisatawan dan masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas ini dengan bijak dan bertanggung jawab, serta peduli terhadap asset negara yang diperuntukkan orang banyak agar tidak cepat rusak. Kalau masyarakat tidak peduli, mau siapa lagi,” pungkas Dudung Cahyadi.

Agus, salah satu wisatawan asal Tasikmalaya, menyambut baik terobosan PLN tersebut sebagai pelayanan terhadap masyarakat yang membutuhkan listrik di luar ruangan.

“Alhamdulillah sekarang di tempat umum, khususnya di obyek wisata Pantai Pangandaran, sudah ada penyediaan pengisian listrik. Jelas ini memanjakan dan kami semakin betah liburan di Pangandaran,” ujarnya. (Mad/Koran HR)