Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita BanjarSaat Libur Sekolah, Anak-anak di Karyamukti Banjar “Ngalaman Kababuk”

Saat Libur Sekolah, Anak-anak di Karyamukti Banjar “Ngalaman Kababuk”

Kegiatan Ngalaman Kababuk di Dusun Cigadung, Desa Karyamukti, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar. Photo: Istimewa.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat, para pemuda dan remaja Dusun Cigadung, Desa Karyamukti, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar yang mengelola Kampung Baca Buku (Kababuk), menggelar kegiatan literasi dalam mengisi libur sekolah bersama anak-anak sekitar.

Kegiatan yang disebut Ngalaman (Ngarayakeun Ladang Maca Lobaan) tersebut, Kababuk melibatkan para siswa dari TK/RA, SD serta tingkat SMP untuk mengikuti kegiatan seperti meresensi buku bersama-sama, jalan sehat ceria, serta lomba mewarnai khusus TK/RA dan PAUD.

Kababuk merupakan program kegiatan masyarakat Desa Karyamukti di Dusun Cigadung, yang pelopori oleh para mahasiswa UIN SGD Bandung saat melakukan Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sistem Pendampingan Masyarakat (Sisdamas). Kababuk secara resmi dibuka pada Kamis (31/08/2017), oleh Kepala Desa Karyamukti beserta Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (DKPD) Kota Banjar.

Aam Amarudin bersama penyelenggara kegiatan, Ihin Solihin, mengatakan, kegiatan tersebut yang dilaksanakan pada Selasa (27/12/2017), tujuannya tiada lain untuk mengisi hari libur anak-anak di Desa Karyamukti dengan kegiatan yang positif, khususnya di bidang literasi sebagaimana tujuan Kababuk dibentuk.

“Kita memanfaatkan hari libur sekolah ini bersama anak-anak untuk kegiatan yang bermanfaat. Apalagi, Kababuk yang sudah terbentuk sejak beberapa waktu lalu perlu dikembangkan lagi demi meningkatkan minat baca masyarakat,” katanya kepada Koran HR.

Meski buku yang ada di Kababuk terbatas, lanjutnya, namun tidak menutup semangat para remaja dan pemuda sekitar melakukan inovasi agar anak-anak semakin tertarik untuk membaca buku maupun melakukan kegiatan literasi lainnya.

“Mudah-mudahan saja kegiatan seperti ini akan membawa dampak positif bagi anak-anak dan remaja di sini dalam meningkatkan minat baca. Kita menyadari betul tingkat minat literasi di wilayah kita masih perlu peningkatan. Namun, dengan segala daya dan upaya kita terus berusaha agar cita-cita untuk mencerdaskan bangsa ini bisa terwujud, minimalnya di lingkungan sekitar,” pungkasnya. (Muhafid/Koran HR)