Status Lembaga Terakreditasi B, Lulusan FE Unigal Ciamis Banyak Diserap Dunia Kerja

FE Unigal menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT. Zahir International. Foto : Deni Supendi/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Beberapa tahun belakangan ini, jumlah mahasiswa baru Fakultas Ekonomi Universitas Galuh (FE Unigal) Ciamis terus mengalami lonjakan. Hal itu menunjukkan bahwa minat dan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga perguruan tinggi FE Unigal meningkat.

Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Humas dan Alumni FE Unigal, Moch. Aziz Basari, S.Sos.,MM., membenarkan lonjakan jumlah mahasiswa baru FE Unigal di dua tahun terakhir ini.

Menurut Aziz, peningkatan jumlah mahasiswa tersebut tidak terlepas dari kerja keras dan kerjasama yang dibangun semua pihak, mulai dari pimpinan tingkat universitas, fakultas, prodi, karyawan dan juga staf.

“Kerja keras dan kerjasama itu menjadikan Program Studi Akuntansi dan Manajemen FE Unigal meraih predikat akreditasi B. Setelah itu, kepercayaan masyarakat pun meningkat. Imbasnya, jumlah peminat atau pendaftar membludak,” kata Aziz.

Tidak hanya itu, Aziz mengungkapkan, saat ini lulusan FE Unigal juga tersebar dan banyak diserap di dunia kerja, mulai di instansi Pemerintahan, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Wiraswasta dan banyak lagi yang lainnya.

Senada dengan itu, Dekan FE Unigal, Dr. Ati Rosliyati, SE.,MM.,Ak.,CA., belum lama ini, mengatakan, FE Unigal konsisten membangun dan mempertahankan kerjasama dengan lembaga pemerintah.

Kerjasama tersebut, kata Ati, diantaranya dalam rangka merealisasikan program fakultas terkait materi bahan kuliah, praktek kerja lapangan, serta penyaluran alumni atau lulusan FE Unigal.

Ati menjelaskan, FE Unigal memiliki visi dan misi. Visinya, yakni menjadi pusat pengembangan dan pengkajian ilmu ekonomi yang menghasilkan tenaga-tenaga yang berkarakter dan berdaya saing global pada 2030.

Sedangkan misinya, yakni mewujudkan sistem pengelolaan fakultas yang profesional dalam rangka kejujuran akademik dan administratif. Meningkatkan kualitas tenaga akademik dalam kerangka menuju profesionalisme keilmuan dan spesialisasi tenaga akademik di bidang ilmu ekonomi.

Kemudian mengembangkan kurikulum yang berbasis kompetensi dalam terkerangka pengembangan ilmu ekonomi dan memenuhi tuntutan kebutuhan masyarakat global. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dan pengabdian dalam kerangka pengembangan ilmu ekonomi dan pengembangan ekonomi masyarakat secara global.

Selanjutnya, mengembangkan kerjasama dengan instansi pemerintah pusat, provinsi, daerah, swasta dan perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun luar negeri. Serta menciptakan suasana dan lingkungan belajar yang berkualitas dan harmonis dengan pendekatan holistic dan nilai-nilai agama.

FE Unigal MoU dengan PT Zahir International

Baru-baru ini, FE Unigal menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT. Zahir International, perusahaan yang bergerak dalam bidang pembuatan dan pengembangan peranti lunak akuntansi bernama Zahir Accounting.

Dekan FE Unigal, Dr. Ati Rosliyati, SE.,MM.,Ak.,CA., menuturkan, kerjasama yang dibangun antara pihaknya dengan PT. Zahir International diantaranya dalam pemanfaatan software Zahir Accounting dan penyediaan sumber daya manusia (SDM) akuntan.

“Kedepan, software Zahir Accounting ini akan diterapkan dalam perkuliahan. Mahasiswa akan dibekali kemampuan (skill) mengoperasikan software akunting ini,” katanya.

Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Humas dan Alumni FE Unigal, Moch. Aziz Basari, S.Sos.,MM., menambahkan, kerjasama dengan PT. Zahir International juga mencakup penyaluran alumni/ lulusan FE Unigal.

“Lulusan yang menguasai software Zahir Accounting akan difasilitasi pihak PT Zahir International untuk ditempatkan di perusahaan-perusahaan besar yang sudah menerapkan pemakaian software tersebut,” katanya. (Deni/Koran HR)