Tahun Depan, Avanza dkk Jadi Angkot

Photo: Net/Ist

Berita Otomotif, (harapanrakyat.com),-

Mulai Februari 2018, angkutan kota (angkot) akan diperbarui. Moda kendaraan umum perkotaan ini nantinya wajib dilengkapi AC. Bahkan, di Jakarta angkot bakal diganti dengan mobil seperti Avanza Transmover hingga Wuling Confero.

Dilansir detikOto, Jum’at (22/12/2017), Ketua Organda DKI Jakarta, Shafruhan Sinungan, sudah mengonfirmasi hal tersebut. Di mana penggantian mobil angkot itu dilakukan untuk kenyamanan para penumpangnya.

Namun, akan ada penyesuaian pada mobil Avanza cs ketika jadi angkot. Misalnya, perubahan tempat duduk di bangku baris kedua. Sedangkan, untuk warna dasarnya direncanakan pakai warna putih.

“Bangku tengah yang tadinya muat untuk tiga orang, kita kurangi jadi dua orang saja supaya yang sebelah kiri orang turun-naik tidak akan terganggu. Jadi konfigurasinya depan satu penumpang, tengah dua, dan di belakang tiga,” terang Shafruhan.

Tidak hanya tempat duduk yang disesuaikan, namun pintu mobil pun akan diatur. Jadi, pintu baris kedua sebelah kiri saja yang bisa dibuka-tutup.

“Nanti pintu kanan ditutup dan tidak akan bisa dibuka. Kita cabut kuncinya, jadi hanya bisa buka kiri saja. Kenapa kita nggak buka pintu kanan, karena ini punya tingkat risiko. Jadi buka tutupnya pintu kiri, pintu kiri depan dan tengah,” kata Shafruhan. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA