Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita PangandaranWarga Gotong Royong Bersihkan Jalan di Pangandaran yang Tertutup Longsor

Warga Gotong Royong Bersihkan Jalan di Pangandaran yang Tertutup Longsor

Masyarakat Dusun Cibeureum, Desa Cimanggu, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran gotong royong membersihkan jalan yang terkena tertimbun longsor, Sabtu (30/12/2017). Foto : Aceng/HR.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Hujan dengan intensitas tinggi mengguyur Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Akibatnya, jalan yang berada di Dusun Cibeureum, Rt 02/01, Desa Cimanggu, Kecamatan Langkaplancar, tertimbun longsor, Jum’at (29/12/2017) malam.

Selain ruas jalan, sedikitnya 2 rumah warga yang bagian terasnya tertimbun material longsor berupa tanah.

Mengetahui hal tersebut, warga sekitar langsung gotong royong membersihkan dan membuang tumpukan tanah yang menutupi badan jalan, dan rumah milik Kholid dan Lesmana.

Asep Ago, tokoh masyarakat setempat mengatakan, tumpukan tanah yang menutupi badan jalan dibersihkan dengan alat seadanya atau manual. Menurutnya, meski hanya dengan alat seadanya, namun pekerjaan membersihkan jalan tetap selesai, karena banyaknya warga yang membantu.

Selain jalan, longsor juga mengenai bagian teras rumah milik Kholid. Foto : Aceng/HR

“Saya akan berusaha semaksimal mungkin, agar persatuan dan gotong royong akan tetap dibudayakan, karena itu merupakan budaya leluhur,” katanya Sabtu (30/12/2017).

Hal senada dikatakan Kholid, bahwa masyarakat di desa ini sangat solid jika ada bencana. Bahkan, mereka rela membantu meski tengah malam sekalipun.

“Saya sangat bersukur atas bantuan semua masyarakat, dan terimakasih juga kepada pihak pemerintah desa beserta tokoh masyarakat, yang selalu membantu memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya bergotong royong,” ucapnya. (Cenk/R5/HR-Online)