Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaBerita BanjarWarga Priagung Banjar Tingkatkan Kesehatan Lingkungan Melalui SLBM

Warga Priagung Banjar Tingkatkan Kesehatan Lingkungan Melalui SLBM

Foto: Ilustrasi net/Ist 

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Program Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat (SLBM) yang dilaksanakan di RT.3, RW.1, Dusun Priagung, Desa Binangun, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, yang sumber dananya dari DAK, merupakan kolaborasi dengan program Sanimas Reguler Banprov Jabar tahun 2016.

Ketua KSM Cikaler, Dusun Priagung, Sobar, mengatakan, kedua program tersebut sebagai tindakan dalam peningkatan kesehatan lingkungan. Sehingga, tidak terjadi adanya kontaminasi dari berbagai macam limbah yang rentan terhadap munculnya penyakit.

“Seperti kita ketahui bahwa dengan gencarnya Kota Banjar mengajak masyarakatnya untuk hidup bersih dan sehat. Masalah limbah rumah tangga tidak bisa dianggap enteng. Jadi, semuanya harus bisa mengatasi dan mensiasati bagaimana masalah bersih dan sehat bisa tercipta di lingkungan kita,” ujarnya, kepada Koran HR, Senin (11/12/2017).

Lebih lanjut Sobar mengatakan, program SLBM sangat besar manfaatnya bagi masyarakat untuk menuju masyarakat sehat, sekaligus menciptakan lingkungan jadi bersih dari limbah yang tidak terarah.

Karena, dengan adanya program SLBM di lingkungannya, setiap rumah bisa membuang limbahnya melalui saluran pembuangan yang sudah ada, diantaranya membuang limbah cucian perabot/alat-alat dapur, limbah cucian pakaian. Selain itu, BAB juga sudah bisa dilakukan di rumah masing-masing.

“Untuk mengatasi limbah rumah tangga melalui pemasangan pipanisasi. Diharapkan masyarakat Dusun Priagung bisa menikmati manfaat dari program SLBM yang telah mengakomodir 89 rumah dengan jumlah KK sebanyak 97, dan targetnya harus mencapai 250 KK,” ungkapnya.

Sobar juga berharap, dengan adanya program SLBM ini, masyarakat harus bisa memanfaatkan sebaik mungkin agar benar-benar tercipta lingkungan yang bersih, sehat, nyaman, dan asri.

“Mari kita budayakan pola hidup bersih dan sehat di lingkungan kita. Berkat adanya program SLBM ini, masyarakat Dusun Priagung juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah kota dan Dinas PU sebagai pelaksana,” pungkasnya. (AM/Koran HR)