Rabu, Agustus 17, 2022
BerandaBerita CiamisArsip Foto “Ciamis Masa Lalu” Perlu Diperbaharui

Arsip Foto “Ciamis Masa Lalu” Perlu Diperbaharui

Arisp-arsip foto Ciamis masa lalu. Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Sejumlah kalangan berharap ada pembaharuan terhadap arsip foto pemangku kebijakan (pemimpin) Kabupaten Ciamis dari masa ke masa. Pasalnya arsip foto tersebut merupakan bagian dari rekam jejak sejarah bagi daerah.  

Heri Heryana, S.Pd, Guru Sejarah di SMA Informatika, ketika ditemui Koran HR, Selasa (02/01/2017), membenarkan harapannya tersebut. Menurut dia, arsip foto atau dokumentasi sejarah perjalanan pemerintah jangan sampai dibiarkan hilang.

“Sekarang hanya ada beberapa foto Bupati Ciamis yang terpajang di sekretariat daerah. Sayangnya kalau di website pemerintah tidak ada. Begitupun di perpustakaan, hanya ada beberapa saja. Padahal, pemimpin Ciamis sudah belasan. Kalau dari masa Kabupaten Galuh sudah hampir 42 pemangku kebijakan,” katanya.

Menurut Heri, arsip foto Ciamis dari masa ke masa sangat jarang bisa dilihat. Mungkin, hanya para penggiat foto ataupun keluarga keturunan yang memilikinya. Harusnya, kata dia, Pemkab membuat terobosan dengan membuat pembaharuan arsip.

“Minimalnya arsip foto atau dokumentasi pemangku kebijakan Ciamis. Dimulai dari Bupati, kalau perlu sampai ke anggota dewan sekalipun. Karena itu merupakan jejak sejarah pemerintahan. Contohnya bisa dilihat di Garut. Kalaupun tidak ada foto, bisa saja sketsa wajah,” katanya.

Dosen Sejarah Universitas Galuh, Wulan Sodarika, M.Pd, menuturkan, Pemeerintah Kabupaten Ciamis harus membuat rencana pengamanan arsip, apalagi ini arsip tokoh pemangku kebijakan Ciamis.

“Seyogyanya arsip foto itu terus ada dari masa ke masa, sehingga bisa menjadi pengetahuan untuk para generasi muda. Manajemen kearsipan sejatinya sangat penting dalam suatu pemerintahan. Selain mendokumentasikan birokrasi, manajemen kearsipan sejatinya penting untuk merekam jejak sejarah suatu pemerintahan,” katanya.

Menurut Wulan, ada banyak peristiwa dan tokoh di Kabupaten Ciamis yang selama ini belum terdokumentasikan. Untuk itu, dia menyarankan pemerintah untuk segera memperbaharui arsip ataupun dokumentasi yang berkaitan dengan sejarah Ciamis.

Sementara itu, Uus, alumnus Sejarah Universitas Galuh, membenarkan, selama ini dirinya sulit mendapatkan informasi ataupun arsip foto mengenai pemangku kebijakan di pemerintah Kabupaten Ciamis.

“Saat melakukan penelitian tentang kepemimpinan R.T Aria Sunarya, saya sangat kesulitan mendapatkan arsip foto tentangnya. Waktu itu saya hanya mendapatkan salah satu arsip kegiatan R.T Aria Sunarya. Itupun saya dapatkan dari arsip nasional,” katanya. 

Uus menyarankan agar Pemerintah Kabupaten Ciamis mulai menangani persoalan tentang hilangnya jejak sehara pemimpin. Kedepan, arsip masa lalu Kabupaten Ciamis bisa menjadi objek pameran daerah saat Hari Jadi. 

Dengan begitu, kata Uus, masyarakat umum bisa melihat secara langsung peninggalan sejarah serta mengetahui sosok tokoh pemangku kebijakan pemerintah daerah dari masa ke masa. (Heri/Koran HR)