Cegah Penyebaran Difetri, Program ORI di Ciamis Gencar Disosialisasikan

Foto: Ilustrasi net/ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Program Outbreak Responses Immunisasi (ORI) terus disosialisasikan UPTD Puskesmas Handapherang, Kabupaten Ciamis terhadap masyarakat, mulai dari usia anak 1 hingga 19 tahun. Upaya tersebut dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat juga pendidik tentang bahaya penyakit difetri.  

Kepala UPTD Puskesmas Handapherang, Susi Wartini. SKM, M. Kes, ketika ditemui Koran HR, Selasa (09/01/2018), menegaskan, kegiatan sosialisasi program ORI tersebut sengaja dilaksanakan sebagai bentuk langkah preventif terhadap penularan dan penyebaran penyakit difetri.

Susi mengungkapkan, dalam waktu dekat ini, Puskesmas Handapherang akan melaksanakan imunisasi difetri kepada anak usia 1 sampai 19 tahun untuk memutus mata rantai penularan virus difetri.

“Karena difetri membayakan jiwa manusia, maka imunisasi wajib diikuti sebagai bagian untuk pencegahan. Imunisasi diberikan sesuai usia, bayi dengan cara Imunisasi DPT/ HB, diberikan sebanyak 3 kali yaitu pada saat usia 2, 3 dan 4 bulan setelah itu. Untuk usia sekolah dasar kurang dari 7 tahun imunisasi DT sebanyak satu kali. Dan untuk tujuh tahun ke atas imunisasi vaksin TD,” katanya.  

Pada kesempatan itu, Susi berharap masyarakat ikut aktif berperan menyikapi ancaman penyakit difetri dengan mengikuti kegiatan imunisasi yang akan dilaksanakan di Puskesmas.

Sementara itu, tenaga pengajar kesehatan SMK Taruna Bangsa Ciamis, Muh. Andri Syafruddin, S.Kep.,Ners, mengaku sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Puskesmas Handapherang dalam mengupayakan pencegahan penyakit berbahaya tersebut. (Heri/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar