Minggu, Agustus 14, 2022
BerandaBerita PangandaranCetak Kader Banser Militan, Ansor Pangandaran Gelar Diklatsar ke-4

Cetak Kader Banser Militan, Ansor Pangandaran Gelar Diklatsar ke-4

Para peserta Diklatsar saat menjalani sesi asah fisik di Lapang Pacuan Kuda Legokjawa, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran. Foto: Aceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Pengurus Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Pangandaran menggelar Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) Banser ke-4 di Lapang Pacuan Kuda Legokjawa, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran. Acara yang berlangsung selama tiga hari itu, 26-28 Januari 2018, diikuti oleh puluhan peserta dari perwakilan tiap kecamatan yang ada di Pangandaran.

Ketua GP Ansor Pangandaran, Encep Najmudin, menjelaskan, Diklatsar Banser ini merupakan bagian dari kaderisasi di Ansor yang mana setiap anggota yang akan masuk ke Banser harus melalui proses ini.

“Banser merupakan benteng ulama yang mana merupakan tentaranya NU. Maka dari itu, pendidikan semi militer seperti ini wajib dilalui setiap orang yang akan bergabung dengan Banser. Tentunya ini tiada lain untuk mencetak kader yang militan dan siap menjaga ulama dalam kondisi dan situasi apapun,” terangnya kepada HR Online, Sabtu (27/01/2018).

Hal senada juga diungkapkan Sekretaris GP Ansor Pangandaran, Muhlis Nawawi. Melalui Diklatsar ini para peserta yang akan menjadi anggota Banser diharapkan lebih paham dengan ajaran Ahlus Sunnah Waljama’ah An-Nahdliyyah serta dapat memahami nilai-nilai kebangsaan guna memupuk rasa nasionalisme.

“Dalam program kerja GP Ansor Pangandaran di tahun 2018 ini, kita menargetkan untuk mencetak 500 kader Banser. Mudah-mudahan di Diklatsar selanjutnya target tersebut bisa tercapai demi menjaga para ulama di Pangandaran,” ujarnya. (Aceng/R6/HR-Online)