Di Banjar, Operasi Pasar di Desa Lumbung Padi Diserbu Warga

Operasi Pasar Cadangan Beras Pemerintah (OP CBP) di Kelurahan Muktisari Kecamatan Langensari. Foto: Nanang Supendi/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Kota Banjar melakukan Operasi Pasar Cadangan Beras Pemerintah (OP CBP) di Kelurahan Muktisari dan Desa Waringinsari Kecamatan Langensari, Rabu (24/01/2018). Pelaksanaan di dua wilayah penghasil gabah itu langsung diserbu warga.

Pantauan HR Online, sekitar 8 ton beras yang dibawa pada dua wilayah itu ludes terjual. Bahkan, petugas dinas terkait sampai kewalahan melayaninya.

“Kami tak mengira membludaknya warga di sini akan sampai begitu besar untuk mendatangi OP beras,” kata Sekretaris Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Dinas Koperasi Kota Banjar, Basir, di sela-sela kegiatan, kepada HR Online.

Malahan, lanjut Basir, dirinya melihat rekan stafnya yang sampai kewalahan melayani masyarakat di dua lokasi ini.

“Ya, sangat membludak. Animo warga di sini lebih tinggi dari yang dilakukan sebelumnya di loaksi lain,” ungkapnya.

Kabid Perdagangan, Mamat Rahmat, juga mengatakan hal senada. Ia mengungkapkan, bahwa di lokasi lain justru habis sekitar 2 ton, namun di dua lokasi ini mencapai 4 ton.

“Di dua tempat ini kami masing masing bawa sekitar 4 ton, jadi totalnya sekitar 8 ton. Semuanya ludes terjual,” ucap dia.

Hal ini terjadi, kata Mamat, sangat wajar. Sebab, warga di lokasi wilayah penghasil gabah pun kenyataannya sama, harga beras sedang tinggi dan mungkin stok di petani juga menipis.

“Kami jual hanya Rp. 9.000 perkilogram. Ya sangat murah jika dibandingkan dengan harga beras di pasar yang sudah sampai Rp.13 ribu perkilogramnya. Maka warga begitu antusias dan berbondong-bondong mendatangi OP ini,” ujarnya.

Lebih lanjut Mamat mengatakan, bahwa OP ini tidak hanya sampai tiga hari, tapi akan dilanjut ke desa dan kelurahan lain sesuai permintaan dari pemerintah masing-masing. (Nanks/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA