Fenomena Langka, 31 Januari 2018 Jangan Lewatkan Super Blue Blood Moon

Photo: Ilustrasi

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),-

Rabu tanggal 31 Januari 2018 menjadi hari yang dinanti banyak orang di berbagai belahan dunia, sebab akan terjadi fenomena langka nan menarik untuk disaksikan. Ya, Super Blue Blood Moon adalah fenomena langka yang terjadi lebih dari 100 tahun sekali. Fenomena itu terakhir kali terjadi pada tahun 1866 atau 152 tahun silam.

Dilansir okezonLifeStyle, Selasa (30/01/2018), fenomena alam itu terjadi saat Gerhana Bulan Total bertepatan dengan supermoon, blue moon, dan blood moon. Gerhana Bulan Total akan dimulai pukul 18.48 WIB, dan akan berlanjut sampai berakhir pada pukul 23.08 WIB.

Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya, mengajak masyarakat untuk menyaksikan Super Blue Blood Moon. Ia juga mengatakan bahwa fenomena ini lebih tepat disebut Gerhana Supermoon Total.

“Lebih tepat gerhana supermoon total, sebab ada empat hal yang terjadi, yakni gerhana bulan, supermoon, blood moon, dan blue moon, yakni gerhana kedua yang terjadi di bulan ini,” kata Arief Yahya.

Karena fenomena yang cukup langka dan mengingat usia manusia yang tidak dapat diprediksi, maka Arief Yahya pun mengimbau masyarakat untuk menyaksikan Super Blue Blood Moon pada Rabu besok malam, setidaknya sekali seumur hidup.

“Terakhir Super Blue Blood Moon terjadi 152 tahun silam, dan akan terjadi 192 tahun lagi. Makanya kalau enggak lihat tahun ini, sudah pasti enggak akan bisa lihat lagi,” katanya. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA