Senin, Agustus 15, 2022
BerandaBerita CiamisBerita BanjarsariGelar Pelatihan Kewirausahaan, Ansor Banjarsari Ciamis Komitmen Kembangkan Ekonomi

Gelar Pelatihan Kewirausahaan, Ansor Banjarsari Ciamis Komitmen Kembangkan Ekonomi

Pembukaan Pelatihan Pengembangan Kewirausahaan Pemuda GP Ansor Banjarsari, Kabupaten Ciamis di Gedung Dakwah Banjarsari. Foto: Muhafid/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat menggelar pelatihan pengembangan kewirausahaan pemuda yang berlangsung di Gedung Dakwah Banjarsari, Sabtu (27/01/2018). Acara yang berlangsung khidmat ini, dihadiri ratusan anggota Ansor maupun Banser dari wilayah Banjarsari, Pamarican, Purwadadi, serta Kecamatan Lakbok.

Dalam kegiatan ini, dihadiri juga oleh Pengurus Himpunan Pengusaha Nahdliyyin Kabupaten Ciamis Huda yang juga sebagai pemateri, Ketua PC GP Ansor Kabupaten Ciamis Dandeu Rifai, Ketua DPRD Ciamis Nanang Permana, MWC NU Banjarsari, MUI Banjarsari serta Sekretaris Kecamatan Banjarsari.

Dalam sambutannya, Ketua PAC GP Ansor Banjarsari, Ahmad Mubarok, mengatakan, bahwa GP Ansor Banjarsari saat ini terus melakukan gebarakan-gebrakan dalam rangka mengoptimalkan potensi para pemuda di Banjarsari, khususnya pemuda Ansor, dalam berbagai bidang.

Menurutnya, garapan dalam pengembangan seperti bidang pendidikan, kebudayaan maupun perekonomian sudah menjadi keniscayaan para pemuda dalam rangka mengisi kemerdekaan. Selain itu, ia juga berkomitmen bersama pemuda lainnya untuk bersama-sama membangun Banjarsari lebih baik.

“Masih banyak yang perlu dibenahi oleh kita semua. Untuk melangkah ke arah itu, kita awali dengan aktivitas-aktivitas produktif seperti yang sudah jalan sekarang adalah budidaya jamur tiram dan peternakan domba. Tidak ketinggalan pula bidang lain yang memang kita giatkan lagi secara bertahap, baik di bidang pendidikan maupun kebudayaan,” jelasnya.

Sementara itu, perwakilan PC GP Ansor Ciamis, Nopi Zaenudin, menyampaikan, bahwa pihaknya sangat mengapresiasi GP Ansor Banjarsari yang telah menginisiasi gerakan yang bukan hanya di tataran wacana saja, namun gerakan nyata telah dibuktikan dengan kegiatan pelatihan yang mewujudkan keseriusan dalam pembenahan internal Ansor Banjarsari.

Marcel, sapaan akrabnya, berharap melalui pelatihan kewirausahaan ini akan berdampak positif bagi internal Ansor Banjarsari yang telah melakukan kegiatan-kegiatan ekonomi guna menunjang laju roda organisasi. Tak hanya itu, ia juga sangat berharap para pemuda Ansor bisa menggandeng masyarakat sekitar agar bersama-sama merasakan manfaat dari kegiatan ekonomi tersebut.

“Ini merupakan peluang besar yang perlu diambil para pemuda Ansor saat ini dalam bonus demografi untuk mengurangi angka ketergantungan. Semoga pengembangan perekonomian ini terus berkelanjutan dan semua merasakan manfaatnya,” ujar Marcel. (Muhafid/R6/HR-Online)