Hati-hati Memakai Smartphone yang Layarnya Retak, Ini Resikonya

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Smartphone yang retak pada bagian layar, biasanya masih bisa digunakan. Meski kondisi layarnya retak, namun jika dipakai dalam jangka waktu yang lama akan berisiko terhadap pemakai.

Berikut ini risiko yang cukup berbahaya jika memakai smartphone yang layarnya retak terus menerus, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

# Risiko terkena radiasi

Layar retak pada smartphone bisa memancarkan/mengeluarkan radiasi yang lebih besar. Akibatnya bagi pengguna smartphone tersebut akan mengganggu kesehatan.

# Risiko pada mata

Selain terkena radiasi, smartphone yang kondisi layarnya retak juga bisa mengganggu mata. Alasannya layar tidak bisa dilihat dengan sempurna/utuh, karena ada bagian layar yang retak, sehingga akan mengganggu penglihatan pemakai smartphone tersebut. Dan jika dipakai terus menerus maka pemakai akan terkena gangguan mata minor.

# Sensitivitas layar sentuh menurun

Meski smartphone tetap bisa dipakai, namun layar yang retak tersebut akan mengalami penurunan sensitivitas di layar sentuhnya, sehingga layar itu akan menjadi tidak responsif lagi.

# Rentan masuk air dan debu

Salah satu kelemahan barang elektronik yaitu terkena air. Begitu pula yang akan terjadi jika layar smartphone retak namun tidak segera diperbaiki atau diganti, maka air akan bisa masuk ke dalam smartphone. Karena, layar yang biasanya fungsinya untuk menjaga material lain masuk ke dalam. Bukan hanya air, debu juga sangat berisiko jika masuk ke dalam smartphone.

# Melukai jari

Risiko lainnya yaitu melukai si pemakai. Layar yang retak itu sangat besar potensinya melukai pengguna khususnya di bagian jari. Terlebih, si pemakai sering menggunakannya untuk bermain gim. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA