Ini Ponsel Pertama BlackBerry dan Perjalanannya

Ponsel pertama RIM yang menjadi cikal bakal ponsel pintar BlackBerry. Foto: Ist/Net

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Siapa yang tidak tahu dengan smartphone BlackBerry, ponsel pintar asal Kanada besutan perusahaan Research In Motion (RIM) ini ternyata sejak awal diproduksi hingga saat ini sudah berusia 18 tahun, yakni sejak 19 Januari 2000.

Perangkat pertama RIM yang diproduksi bernama BlackBerry 850. Perangkat pertama ini bukan dalam wujud smartphone yang diketahui publik, namun dalam bentuk pager yang dapat digunakan komunikasi dua arah, seperti SMS. Hebatnya, pager yang umumnya hanya bisa menerima pesan, justru terbantahkan oleh BlackBerry tiga tahun kemudian.

Tepat di tahun 2002, diambil dari berbagai sumber, BlackBerry mengumumkan perangkat pertamanya yang mendukung jaringan GSM dan juga GPRS yang diberi nama BlackBerry 5810 yang menggunakan layar monokrom yang mana sebagai tanda kemunculan ponsel pintar.

Seiring berjalannya waktu, tahun 2004 RIM mengembangkan perusahaannya dengan merilus perangkat dengan tambahan aplikasi kirim pesan tanpa menggunakan pulsa, yakni BlackBerry Mesengger (BBM). Kesuksesan ini dengan banyak peminat, RIM berhasil memproduksi BlackBerry seri Curve, Pearl, hingga Bold.

Dulu, siapapun pemilik ponsel BlackBerry dianggap memiliki prestise yang tinggi. Namun seiring waktu, dua tahun kemudian brand berlambang buah rubus ini justru semakin terperosot dengan berbagai alasan, baik kemunculan pesan intsan yang begitu banyak maupun karena pengguna meninggal BlackBerry karena sistem operasinya yang kurang kompatibel. Akibatnya, perangkat sering hang dan panas. Ditambah lagi, produksi RIM ini dikenal dengan spesifikasi yang monoton namun harganya tinggi.

Dampak penurunan pengguna tersebut, BlackBerry mengalami anjlok dan dikabarkan telah memberhentikan ribuan karyawannya di seluruh dunia. Tak hanya itu, BlackBerry juga mulai terbuka untuk dengan masuk ke Android dan iOS. Sehingga, dengan langkah tersebut BlackBerry OS masih bisa bertahan hingga saat ini. (Muhafid/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA